parenting

4 Hal Ini Menandakan Bunda sudah Siap Hamil Anak Kedua

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Selasa, 07 Dec 2021 19:03 WIB

Jakarta - Menjadi orang tua untuk pertama atau kedua kalinya, bukanlah keputusan yang mudah. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan apa pun, seperti usia Bunda dengan pasangan, usia anak sulung (Jika Bunda berencana untukĀ menambah anak kedua), dan situasi keuangan.

Berencana menambah anggota keluarga bukanlah hal yang salah. Namun, coba tanyakan pada diri sendiri, apakah sudah siap memiliki anak kedua? Untuk membantu Bunda, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin miliki anak kedua. Simak penjelasan berikut ini, ya.

Bagaimana pendapat pasangan tentang anak kedua?

Mungkin Bunda ingin memiliki anak kedua, tetapi pasangan Bunda tidak merasakan hal yang sama. Bunda dan pasangan harus berada di tujuan yang sama menyangkut keluarga berencana.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Jika yang lain belum siap, lebih baik untuk mundur dan beri waktu sampai benar-benar siap untuk menambah anggota keluarga lagi.

Apakah si sulung sudah siap miliki adik?

Jika anak pertama Bunda masih terlalu kecil dan masih membutuhkan Bunda sepanjang waktu, mungkin sulit untuk Bunda menangani anak kedua. Jarak ideal antara anak pertama dengan kedua adalah dua tahun, tetapi dalam beberapa kasus, jarak 7 tahun tidak cukup.

Si Sulung mungkin senang dengan berita akan memiliki adik atau bisa jadi merasa dikhianati. Jadi, pastikan terlebih dahulu Si Sulung sudah siap untuk miliki adik.

"Penelitian mengatakan bahwa interval yang lebih pendek dari 18 bulan dikaitkan dengan peningkatan risiko pada bayi, termasuk kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, ukuran kecil untuk usia kehamilan mereka, dan perawatan di NICU," kata Patrice Harold, dokter obgyn, direktur ginekologi invasif minimal di Detroit Medical Center's Hutzel Women's, dikutip dari Parents.

Banner Pria Aceh dan Istri TurkiBanner Pria Aceh dan Istri Turki/ Foto: HaiBunda/Mia

Apakah Bunda sudah stabil secara finansial?

Peran setiap orang tua adalah memberikan kehidupan yang stabil dan aman bagi anak-anak mereka. Jika kondisi keuangan Bunda saat ini tidak memungkinkan untuk menambah anak kedua, lebih baik Bunda menahan keinginan tersebut untuk sementara waktu sampai kondisi keuangan keluarga stabil. Biaya membesarkan anak meningkat setiap tahunnya, Bunda perlu memperhatikan biaya jika ingin menambah anak kedua.

Apakah Bunda siap mengubah gaya hidup?

Jika Bunda dan pasangan sama-sama bekerja, mungkin akan sulit merawat Si Kecil yang baru lahir. Bayi yang baru lahir membutuhkan banyak perawatan. Apakah Bunda siap untuk berbagi tanggung jawab dan membuat perubahan dalam gaya hidup Bunda untuk mengambil lebih banyak waktu dengan Si Kecil yang baru lahir?

Beberapa pertanyaan dasar di atas adalah pertanyaan yang harus ditanyakan oleh setiap pasangan kepada diri mereka sendiri sebelum berencana untuk menambah anggota keluarga. Merencanakan hal-hal kecil dari jauh-jauh hari lebih baik.

Lalu, apa saja tanda-tanda Bunda siap menambah anak kedua? Simak di halaman selanjutnya, ya.

Simak juga video tentang 5 masalah reproduksi yang membuat Bunda sulit hamil di bawah iniĀ 

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT