sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Nabi Isa AS untuk Diajarkan pada Anak Agar Bertakwa pada Allah SWT

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 14 Jan 2022 19:50 WIB
Ilustrasi anak membaca al quran Ilustrasi mengajarkan kisah Nabi Isa/Foto: Getty Images/ibnjaafar
Jakarta -

Sebagai orang tua tentunya Bunda ingin mengajarkan Si kecil berbagai macam hal baik, bukan? Salah satu metode yang bisa dilakukan adalah menceritakan kisah-kisah nabi yang luar biasa. Karena seperti Bunda tahu bahwa setiap kisah nabi dalam Islam memiliki pelajaran yang bisa dipetik.

Belum lagi dengan berbagai sifat terpuji yang dimiliki para nabi ini sangat bagus untuk diajarkan kepada Si Kecil. Jika sudah terbiasa dikenalkan dengan kisah para nabi, maka Si Kecil akan mendapatkan tokoh favoritnya sebagai sosok yang soleh dengan sifat dan perilaku terpuji. Ini pun menjadi nilai lebih karena akhirnya dia jadi makin mengerti kebesaran Allah SWT dan terpicu untuk lebih bertakwa.

Salah satu kisah nabi yang bisa Bunda ceritakan adalah Kisah Nabi Isa AS yang bahkan sejak masih dalam kandungan saja sudah memiliki keajaiban atau mukjizat. Nabi Isa AS dilahirkan dari rahim Maryam, seorang gadis suci yang bahkan tidak pernah berinteraksi dengan laki-laki selama hidupnya. Hal inilah yang menyebabkan kabar kehamilan Maryam begitu menggemparkan penduduk saat itu.


Banner Pencerah Wajah KusamFoto: HaiBunda/Mia

Maryam sempat menanyakan kebingungan perihal kehamilan yang dialaminya kepada Malaikat Jibril. Dan, Malaikat Jibril menjawab bahwa semua yang terjadi sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Bahwasanya nanti anak yang akan lahir merupakan welas asih dari Allah SWT bagi orang-orang yang 'tersesat' saat itu.

Karena keimanan yang dimilikinya, Maryam pun yakin dengan hal tersebut serta berpasrah diri dengan kehamilannya. Saat sudah waktunya untuk melahirkan, Maryam berangkat ke timur Yerusalem dan melahirkan di bawah cabang pohon palem yang berada di Betlehem, Palestina.

Saat proses melahirkan Maryam merasakan sakit yang belum pernah ia rasakan. Ia bahkan sudah pasrah jika harus meninggal saat itu. Namun Allah AWT mengirimkan keajaiban untuk Maryam dan bayinya. Di padang yang tandus itu, tiba-tiba mengalir sungai kecil di dekat kaki Maryam, pohon palem yang menaunginya pun berubah menjadi hijau dan tumbuh kurma di atasnya.

Setelah melahirkan Nabi Isa AS., tenaga Maryam langsung pulih dan ia pun kembali ke rumah. Saat itulah orang-orang banyak yang tidak percaya dengan apa yang telah dilakukan oleh Maryam. Apalagi dengan ayah dan ibu Maryam yang merupakan orang baik, bagaimana bisa Maryam melakukan dosa besar dengan memiliki anak tanpa menikah seperti itu?

Atas perintah Allah SWT, Maryam menunjuk bayinya agar berbicara kepada orang-orang itu. Kemudian saat itulah Nabi Isa AS yang masih bayi berbicara dengan orang-orang yang ada di situ.

"Aku adalah hamba Allah. Allah akan mengungkapkan sebuah kitab kepada saya dan menjadikan saya seorang nabi. Ada berkah di manapun saya berada, Allah akan memerintahkan saya dengan doa dan zakat selama saya masih hidup."

Setelah itu orang-orang menahan diri mereka untuk tidak memberikan hukuman dan meninggalkan Maryam beserta bayinya. Setelah peristiwa tersebut, Nabi Isa AS baru berbicara lagi saat usianya udah menginjak usia normal anak-anak mulai berbicara.

Itulah Kisah Nabi Isa AS. yang bisa Bunda ceritakan kepada anak-anak, semoga bermanfaat ya, Bun. Ceritakan dalam suasana menyenangkan sehingga makin berkesan pada Si Kecil. (PK)

Simak juga video berikut mengenai Deva Rachman yang mengenang mendiang suami, Syekh Ali Jaber. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!