sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Ampuh Cerahkan Wajah Kusam dengan Skincare Alami, Mudah Banget Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 02 Jan 2022 12:57 WIB
Beautiful young woman doing spa treatments at home, lying on the couch. Holds pieces of cucumbers in the arms above the eyes. Dressed in a bathrobe and a towel on the head. caption
Jakarta -

Memiliki wajah glowing adalah salah satu hal yang menjadi impian para wanita, Bunda. Bukan tanpa alasan, kulit glowing menandakan kalau Bunda memiliki kulit yang sehat dan tidak kusam.

Untuk mendapatkan wajah yang glowing, Bunda tentu harus tahu cara ampuh untuk mencerahkan wajah yang kusam, nih. Rutinitas skincare tentunya harus dilakukan secara tekun.

Ada berbagai jenis faktor yang menyebabkan Bunda memiliki kulit yang kusam. Misalnya saja paparan polusi, sinar UV dari matahari, hingga pola makan yang buruk.


Menurut seorang dokter kulit di NYC, Dr. Dhaval Bhanusali, mengungkapkan kalau kulit kusam adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kulit yang tidak sehat.

"Beberapa alasan termasuk tumpukan sel kulit mati, debu (seperti polusi), atau bahkan dehidrasi," katanya dikutip Byrdie.

Flek, noda, garis halus, kerutan, dan sebagainya dapat menyebabkan kulit Bunda kehilangan kilau alami dan membuatnya tampak kusam. Bunda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan?

Untuk mencerahkan wajah kusam, banyak produk yang diformulasikan secara khusus dan mengandung bahan kimia. Berbagai produk ini mengklaim dapat mencerahkan kulit. Namun, ini mungkin lebih berbahaya, karena bahan kimia bisa memiliki efek samping.

Tak perlu khawatir, Bunda tetap bisa mencerahkan wajah kusam dengan bahan alami, seperti yang dilansir dari Stylecraze. Simak, yuk.

1. Mencerahkan wajah kusam menggunakan lemon

Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C atau asam askorbat. Vitamin C memiliki efek anti-pigmentasi, sehingga meningkatkan warna kulit dan mencerahkan kulit. Jus lemon dapat menyebabkan rasa perih pada kulit.

Silakan lakukan uji tempel sebelum mencoba cara ini. Pastikan Bunda mengoleskan tabir surya sebelum pergi keluar karena jus lemon dapat membuat kulit lebih sensitif.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan satu hingga dua buah lemon dan kapas steril.
  2. Peras jus lemon ke dalam mangkuk.
  3. Oleskan jus ini ke wajah dengan kapas bersih.
  4. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air.
  5. Lakukan dua kali seminggu.
Kebiasaan yang Rusak Tanaman Hias

2. Mencerahkan wajah kusam menggunakan gula

Skincare bahan alami lainnya, yakni gula dapat membantu menghilangkan kulit kering dan sel kulit mati karena teksturnya yang sedikit abrasif. Hal ini dapat membantu membuat kulit terlihat lebih cerah.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan setengah cangkir gula merah, dua sendok makan minyak zaitun, dan satu sendok makan madu.
  2. Ambil wadah yang bisa ditutup rapat. Tambahkan minyak zaitun dan madu ke dalamnya.
  3. Tambahkan setengah cangkir gula merah ke dalamnya dan aduk rata.
  4. Gosok wajah dengan campuran ini dalam gerakan melingkar untuk mendorong pengelupasan kulit.
  5. Bilas secara menyeluruh dengan air setelah empat hingga lima menit.
  6. Lakukan dua kali seminggu.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, saksikan juga video tips hilangkan komedo di hidung berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MENCERAHKAN WAJAH DENGAN LIDAH BUAYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!