sign up SIGN UP search


parenting

Ini 4 Faktor Penting yang Mempengaruhi Perkembangan Karakter Anak

Atta Kharisma   |   Haibunda Jumat, 07 Jan 2022 20:51 WIB
Lingoace Foto: Lingoace
Jakarta -

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan kepribadian pada masa kanak-kanak. Faktor-faktor seperti genetika dan lingkungan berkontribusi dalam pembentukan karakter anak.

Namun psikolog menemukan fakta menarik terkait perkembangan karakter anak. Anak yang lahir dari keluarga yang sama, serta dibesarkan di lingkungan dan budaya yang sama seringkali mengembangkan kepribadian yang sangat berbeda. Para ahli pun tidak bisa menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi.

Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter pada masa kanak-kanak? Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah faktor yang berperan dalam pembentukan karakter pada masa kanak-kanak.


1. Faktor Lingkungan

Lingkungan serta budaya yang berlaku di tempat anak tumbuh merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan karakter seorang anak. Faktor lain dalam perkembangan kepribadian masa kanak-kanak ini termasuk kualitas pengasuhan yang diterima anak dari orang tua mereka.

2. Faktor Genetik dan Gender

Faktor seperti genetik pada umumnya melekat pada anak sejak lahir. Namun seiring dengan perkembangannya, hal-hal seperti umpan balik dari orang tua, pengasuh, saudara kandung juga dapat mempengaruhi perkembangan karakter anak.

Perbedaan gender dan urutan kelahiran juga dapat membuat anak memiliki kepribadian yang berbeda dengan saudara kandungnya. Anak laki-laki akan mengalami interaksi yang berbeda dengan orang sekitar dibanding saudara perempuannya.

3. Faktor Sosial

Sejumlah teori tentang perkembangan karakter pada masa kanak-kanak menyatakan kondisi sosial juga dapat mempengaruhi kepribadian anak. Lingkungan sosial turut meliputi lingkungan keluarga, saudara, hingga teman sepermainan.

Umpan balik dari lingkungan sosial juga kerap dipengaruhi gender si anak. Anak perempuan dan anak laki-laki umumnya diperlakukan berbeda oleh orang tua dan sekitar mereka, tergantung pada gagasan masyarakat di lingkungan tersebut tentang peran gender yang sesuai.

4. Faktor Orang Tua

Anak-anak umumnya akan menarik kesimpulan tentang dunia dan tempatnya di dalamnya berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang mereka miliki, dan kesimpulan tersebut pada akhirnya dapat mempengaruhi karakter anak. Dalam hal ini, orang tua biasanya menjadi sumber utama yang membentuk pandangan anak terhadap dunia dan mempengaruhi perkembangan karakternya.

Disiplin dan kualitas interaksi yang diberikan orang tua juga memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembentukan sifat anak. Terutama, anak-anak berumur sangat kecil yang sangat sering mencoba dan meniru orang tua mereka atau pengasuh mereka. Oleh karena itu, sifat dan kepribadian orang tua dapat menjadi faktor yang kuat dalam mempengaruhi karakter anak.

Kepribadian biasanya didefinisikan sebagai kumpulan sifat dan karakter yang secara bersama-sama berfungsi membentuk kepribadian individu yang unik. Perkembangan karakter pada masa kanak-kanak ini biasanya dimulai sekitar usia dua tahun, ketika anak mulai mengembangkan rasa percaya diri. Kebanyakan ahli percaya bahwa karakter dan sifat dasar seorang anak terbentuk sepenuhnya pada usia enam tahun.

Rentang kemampuan menyerap informasi secara sempurna ini juga jadi momen yang tepat untuk para orang tua untuk menyisipkan bekal kemampuan yang esensial seperti kemahiran menggunakan bahasa asing. Kini, tanpa perlu repot lagi, para orang tua dapat mempercayakan proses belajar ini melalui berbagai platform kursus bahasa asing online.

Contohnya seperti LingoAce yang merupakan salah satu penyedia kursus bahasa Mandarin global yang telah memiliki catatan terbaik di bidangnya. Perusahaan rintisan ini telah berhasil menjadi destinasi belajar bagi lebih dari 300 ribu murid dari seluruh dunia. Keberhasilan ini juga semakin nyata dengan apresiasi para investor pada LingoAce yang berhasil mengamankan pendanaan Seri B dan C funding.

Kunci utama perkembangan yang masif dari LingoAce dititikkan pada tiga komponen, diantaranya guru native speaker yang berpengalaman, kurikulum yang disiapkan secara teliti serta kelas dan pengalaman belajar yang eksklusif dan imersif. Tertarik menjajal trio fitur utama ini? Anda bisa mengaksesnya melalui link daftar kelas free trial ini!

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!