sign up SIGN UP search


parenting

3 Penyebab Lagu Pengantar Tidur Mampu Bikin Bayi Mengantuk

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 13 Jan 2022 11:58 WIB
Ilustrasi bayi tidur Ilustrasi lagu pengantar tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/FamVeld

"Nina bobo, oh Nina bobo…" sejak kecil, mungkin kita sering mendengar lagu itu, termasuk Bunda. Lagu seperti Nina Bobo adalah satu di antara ribuan lagu pengantar tidur yang populer di dunia. Magisnya, lagu pengantar tidur selalu berguna untuk membuat bayi akhirnya terlelap tidur dengan tenang.

Menurut North East Ohio Parents, bayi memang memiliki kemampuan untuk memanipulasi suatu objek, termasuk dalam menanggapi dan mendengar lagu-lagu tertentu. Mereka juga dengan sangat mudah membedakan suara, melodi, dan bunyi-bunyi tertentu. Oleh karena itu, mereka sangat peka terhadap bunyi-bunyian.

Alasan lagu pengantar tidur berhasil membuat bayi tertidur

Ada banyak sekali alasan yang membuat lagu pengantar tidur yang tenang dan lembut, berhasil membuat bayi tertidur. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Universite de Montreal di Kanada, lagu pengantar tidur sangat efektif membuat bayi segera terlelap.


Lagu pengantar tidur, menurut dalam penelitian tersebut, berhasil membuat bayi tertidur karena berbagai alasan. Inilah sebagian alasannya seperti yang dikutip dari Parents.

1. Mengatur emosi

Apakah Si Kecil suka terbangun di tengah malam? Lalu menangis dengan keras? Atau ada beberapa kejadian yang membuatnya menjadi tidak tenang? Maka lagu pengantar tidur adalah salah satu cara mengatur emosinya.

Lagu pengantar tidur, atau musik pada umumnya, akan merangsang emosi Si Kecil. Bukan hanya Si Kecil, Bunda pun jika mendengar musik akan mengeluarkan emosi yang terpendam. 

Lagu pengantar tidur akan berhasil menciptakan suasana emosional yang damai dan tenang, yang diperlukan Si Kecil untuk mengantuk hingga akhirnya tertidur. Oleh karena itu juga tidak heran jika terkadang Bunda pun bisa ikut mengantuk saat menidurkan bayi sambil diiringi lagu pengantar tidur tersebut.

2. Menciptakan ikatan yang kuat

Lagu pengantar tidur memang bisa Bunda manfaatkan bukan hanya agar Si Kecil cepat terlelap, tetapi juga bisa sebagai usaha untuk menciptakan ikatan yang kuat antara Bunda dan Si Kecil jika lagu pengantar tidur tersebut dinyanyikan langsung oleh Bunda 

Saat lagu pengantar tidur Bunda nyanyikan, Bunda akan mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon yang dikenal sebagai hormon cinta dan hormon pelukan. Namun oksitosin tidak keluar begitu saja.

Hormon ini akan keluar jika lagu pengantar tidur dinyanyikan dengan sepenuh hati. Sehingga, lagu pengantar tidur berhasil membuatnya terlelap karena dinyanyikan oleh orang yang dicintai dan dikasihi.

3. Akhirnya menjadi rutinitas

Lagu pengantar tidur yang rutin dinyanyikan dan menjadi kebiasaan akan membuat Si Kecil akan lebih mudah menyesuaikan diri setiap malam. Sehingga, Bunda tidak lagi harus kelelahan menyanyikan lagu pengantar tidur karena Si Kecil sudah terbiasa dan cepat menikmatinya.

Ilustrasi menyusui atau menggendong bayiIlustrasi lagu pengantar tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic

Rekomendasi lagu pengantar tidur

Beberapa lagu pengantar tidur ini mungkin bisa menjadi lagu yang Bunda nyanyikan untuk Si Kecil agar ia tenang dan damai terlelap dalam tidurnya. Berikut sebagian di antaranya:

1. Twinkle, twinkle, little star

Lagu ini adalah lagu pengantar tidur yang paling populer di seluruh dunia. Bunda bisa selalu mengandalkan lagu populer ini untuk menciptakan suasana damai dan tenang untuk membuat Si Kecil terlelap.

2. Edelweiss

Ingin lagu pengantar tidur yang berasal dari musik klasik? Mungkin Bunda bisa mencoba menyanyikan lagu Edelweiss. Beberapa sumber menilai, lagu ini adalah lagu rakyat Austria. Namun beberapa sumber mengatakan hal yang berbeda.

Dari mana pun lagunya, irama waltz yang ada pada Edelweiss membuat lagu ini menjadi lagu pengantar tidur yang cocok Bunda nyanyikan.

3. Nina Bobo

Siapa yang tidak tahu lagu ini? Lagu Nina Bobo adalah lagu pengantar tidur yang terkenal di Indonesia. Secara turun-temurun, kita semua mengetahui bahwa lagu ini adalah lagu pengantar tidur.

4. Lela Ledhung

Untuk Bunda yang berasal dari Jawa Tengah, lagu ini pasti sudah dengan mudah dikenali. Lagu Lela Ledhung adalah lagu pengantar tidur yang berasal dari Jawa Tengah dan berbahasa jawa. Lagu yang berirama khas Jawa ini sangat mudah membuat Si Kecil terlelap.

Lirik Lela Ledhung berisi harapan orang tua kepada anaknya, agar menjadi anak yang dapat membanggakan kedua orang tua dan bangsanya. Sangat penuh dengan harapan, bukan?

Demikian beberapa alasan mengapa lagu pengantar tidur ampuh membuat Si Kecil cepat terlelap beserta beberapa contohnya. Semoga bermanfaat ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!