sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Menidurkan Bayi agar Nyenyak, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 23 Sep 2021 19:00 WIB
Ilustrasi bayi tidur caption

Kehadiran buah hati sudah pasti membawa kebahagiaan dalam hidup Bunda. Namun di sisi lain, Bunda dan suami mungkin harus siap terjaga di malam hari karena bayi kerap terbangun.

Meski sudah menjadi risiko yang harus dihadapi orang tua baru, Bunda bisa meminimalisasinya dengan mempelajari bagaimana cara menidurkan bayi agar tidur nyenyak. Untuk Bunda ketahui, kebiasaan tidur Si Kecil sesungguhnya bisa diperbaiki lho.

"Tidak ada yang namanya tidur yang buruk, hanya kebiasaan tidur yang buruk, dan itu biasanya bisa diperbaiki," kata Ingrid Prueher, konsultan tidur pediatrik di Fairfield, Connecticut seperti dikutip dari Parents.


Cara menidurkan bayi

Bunda memiliki kendali lebih besar atas kebiasaan tidur Si Kecil. Bunda tidak perlu menunggu sampai ia mencapai usia 6 bulan untuk mulai mendorong tidur malam yang lebih lama.

Berikut tujuh cara menidurkan bayi untuk membantu Si Kecil tidur sepanjang malam, seperti dilansir What To Expect:

1. Tetapkan rutinitas sebelum tidur

Si Kecil tidak hanya akan merasakan rutinitas yang menenangkan, tetapi juga akan menjadi sinyal baginya bahwa sudah waktunya untuk tidur. Mulailah dengan mandi yang nyaman dan santai karena air hangat dapat menenangkan sekaligus membuat Si Kecil mengantuk.

Lalu lanjutkan dengan membaca buku bersama, pelukan hangat dan diiringi dengan lagu pengantar tidur. Lalu akhiri dengan menyusui. Jika Si Kecil kembung, Bunda dapat memindahkan waktu makan sebelum tidur ke rutinitas yang lebih awal saat sebelum mandi atau sebelum membaca buku cerita.

2. Coba untuk tidak ganti popok bayi di tengah malam 

Kecuali jika popok Si Kecil benar-benar penuh dan ada kotoran air besarnya, coba hindari menggantinya di tengah malam jika memungkinkan. Sebab, hal ini mungkin dapat membangunkannya.

Jika benar-benar perlu mengganti popoknya di tengah malam, Bunda bisa lakukan dengan lampu yang redup dan sesedikit mungkin berbicara.

3. Pertimbangkan memindahkan posisi bayi agar lebih jauh dari Bunda

AAP merekomendasikan agar bayi berbagi kamar dengan orang tua mereka sampai mereka berusia setidaknya 6 bulan. Tetapi jika Si Kecil tidur di kamar Bunda, atau dalam baby box atau baby box-nya sangat dekat dengan tempat tidur Bunda, maka memindahkannya lebih jauh atau bahkan ke kamarnya sendiri mungkin bisa jadi pilihan lebih baik.

Bisa jadi kedekatan Bunda berkontribusi pada banyaknya Si Kecil bangun semalaman. Meski demikian, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak Bunda.

4. Tingkatkan kalori yang masuk di siang hari

Bayi Bunda tidak akan begitu merasa lapar di malam hari dan lebih bisa tidur jika perutnya cukup kenyang di siang hari.

5. Jangan terburu-buru menyusui pada rengekan pertama

Beri Si Kecil kesempatan untuk menenangkan diri dan kembali tidur sebelum Bunda berusaha menenangkannya dengan ASI di malam hari. Semua bayi bangun saat tengah malam dan hal ini juga biasa terjadi pada orang dewasa.

Demikian 5 cara menidurkan bayi agar tetap terlelap sepanjang malam yang bisa Bunda coba terapkan agar Bunda bisa kembali mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!