sign up SIGN UP search

parenting

5 Kerajaan Hindu di Indonesia & Sejarah Singkatnya yang Bisa Diperkenalkan ke Anak

Nanie Wardhani   |   Haibunda Senin, 07 Mar 2022 18:11 WIB
Ilustrasi ibu mengawasi anak belajar caption

Seperti yang kita ketahui, Indonesia didominasi oleh lautan daripada daratan. Sepertiga wilayah Tanah Air dari Sabang sampai Merauke didominasi oleh lautan. Sejak dahulu, laut memang memiliki andil yang banyak untuk berbagai lini kehidupan di Nusantara.

Berbagai keuntungan laut dimanfaatkan dengan baik oleh berbagai kerajaan Hindu di Indonesia.

Berbagai peninggalan dan fakta sejarah yang ada menunjukkan bahwa dahulu ada banyak kerajaan yang berjaya di Indonesia. Kebanyakan di antara mereka memulai kejayaannya pada masa kerajaan Hindu-Buddha.


Hindu sendiri dibawa ke wilayah Nusantara sekitar awal abad ke-2 masehi oleh para pedagang India. Datangnya agama Hindu di Nusantara menjadi momen awal munculnya berbagai kerajaan bercorak Hindu di Indonesia, atau Nusantara pada saat itu.

Kerajaan Hindu di Indonesia

Berikut adalah berbagai kerajaan Hindu di Indonesia yang pernah berjaya di masa silam, seperti yang dilansir dari Modul Pembelajaran Sejarah SMA Kemdikbud tahun 2020.

1. Kerajaan Kutai

Kerajaan ini adalah kerajaan bercorak Hindu maritim yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Kutai diperkirakan berdiri di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, pada abad ke-5 masehi. Kudungga merupakan raja pertamanya menurut Prasasti Yupa.

Prasasti Yupa menjadi bukti keberadaan kerajaan tertua di Indonesia.Prasasti Yupa / Foto: Dok Kebudayaan Kemdikbud RI

Uniknya, Kudungga sebelumnya merupakan seorang penguasa lokal. Tapi sejak adanya pengaruh Hindu, struktur pemerintahan akhirnya berubah menjadi kerajaan. Karena sudah berbentuk kerajaan, kekuasaan akhirnya dilakukan secara turun-temurun.

Sepeninggalan Kudungga, Kutai dipimpin oleh anaknya, yaitu Aswawarman. Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaannya saat dipimpin oleh cucu dari Kudungga, yaitu Mulawarman. Kutai menjadi salah satu tempat singgah perdagangan internasional.

2. Kerajaan Tarumanegara

Sebagaimana Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara mulai berkembang pada abad ke-5 masehi. Kerajaan Tarumanegara berdiri tidak jauh di pantai utara Jawa Barat. Wilayahnya membentang dari Banten, Jakarta, hingga Cirebon.

Masyarakatnya hidup damai dan makmur dengan mengandalkan mata pencaharian dari bertani. Raja Purnawarman adalah salah satu raja yang terkenal dari Tarumanegara. Ia memerintahkan untuk membuat saluran irigasi yang nantinya membuat persawahan rakyat menjadi subur.

Pada waktu tersebut, raja dan rakyat Tarumanegara memeluk agama Hindu India. Sisanya menganut Buddha dan aminisme.

3. Kerajaan Mataram Kuno

Selanjutnya adalah Kerajaan Mataram Kuno. Kerajaan ini terletak di Jawa Tengah dan dikelilingi oleh berbagai gunung, seperti Gunung Lawu, Merbabu, Merapi, dan Sindoro. Selain itu, banyak sungai yang mengalir di wilayah Mataram Kuno. Seperti Sungai Progo, Bogowonto, dan Bengawan Solo.

Pada awal-awal pemerintahannya, Mataram Kuno dipimpin oleh Dinasti Sanjaya. Mayoritas rakyat Mataram Kuno bergantung dari hasil pertanian, karena tanah mereka yang sangat subur.

Mataram Kuno diperintah oleh dua dinasti. Yaitu Dinasti Sanjaya yang bercorak Hindu, yang dapat dibuktikan dengan banyak candi seperti Candi Gedong Songo dan Dieng. Lalu Dinasti Syailendra yang bercorak Budha, yang dapat dibuktikan dengan Candi Borobudur, Mendut, hingga Pawon.

4. Kerajaan Singasari

Kerajaan ini didirikan atas perintah Ken Arok sejak tahun 1222-1227 M. Kerajaan ini beribu kota di Tumapel, Jawa Timur. Kerajaan Singasari berdiri kurang lebih berdiri selama 70 tahun.

Namun, kepemimpinan Ken Arok akhirnya jatuh. Kerajaan Singasari selanjutnya dipimpin oleh Kertanegara. Selama masa kepemimpinan Kertanegara, Kerajaan Singasari meluaskan wawasannya ke luar Pulau Jawa. 

Salah satunya mengirim ekspedisi Pamalayu untuk menjadikan Sumatera benteng pertahanan dari serangan dan ekspansi bangsa Mongol.

5. Kerajaan Majapahit

Tentunya, kerajaan Hindu di Indonesia selanjutnya adalah Kerajaan Majapahit. Kerajaan yang mashyur ini berdiri pada tahun 1292 M dan berdiri cukup lama, yaitu sekitar 193 tahun.

Pada tahun 1331 M, Gajah Mada berhasil menumpas Pemberontakan Sadeng lalu diangkat menjadi Patih Mangkubumi Majapahit. Saat dilantik menjadi patih, Gajah Mada bersumpah untuk menyatukan Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Sumpah ini yang kemudian hari dikenal sebagai Sumpah Palapa.

Di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk dan Gajah Mada, Majapahit mencapai puncak kejayaannya. Sayang, berbagai intrik politik dari dalam kerajaan akhirnya membuat Kerajaan Majapahit pecah dan runtuh.

Itulah sejarah singkat dari lima kerajaan Hindu yang ada di Indonesia, atau Nusantara pada waktu itu. Semoga bermanfaat, ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!