sign up SIGN UP search


parenting

Memilih Susu Formula yang Aman, Hindari Produk dengan 6 Bahan Ini ya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 12 Mar 2022 11:03 WIB
Ilustrasi Susu Formula caption

Jakarta - Baru-baru ini, ada penelitian yang menemukan sebagian besar susu formula mengandung bahan kimia berbahaya yang dianggap tidak sehat untuk Si Kecil dan dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya dari waktu ke waktu.

Melansir dari CNN, Abbott Nutrition menarik susu Similac PM 60/40 karena laporan tentang infeksi bakteri berbahaya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) sedang menyelidiki laporan tersebut.

FDA menyebut bahwa seorang bayi yang mengonsumsi Similac PM 60/40 meninggal dunia karena infeksi Cronobacter sakazakii. FDA mengatakan, infeksi bakteri ini 'mungkin' menjadi penyebab meninggalnya bayi itu.


Abbott Nutrition sendiri mulai menarik kembali susu formula dengan kode lot 27032K800 itu pada hari Senin (28/2/22). Mereka mengatakan, tidak ada produk yang didistribusikan terbukti positif mengandung Cronobacter sakazakii.

Penarikan susu formula bayi utama dari Abbott Nutrition membuat orang tua kesulitan menemukan formula alternatif yang mereka butuhkan untuk memberi makan bayi mereka.

World Health Organization (WHO) dan lembaga-lembaga yang lain menyarankan menyusui adalah pilihan yang terbaik untuk Si Kecil. Namun, ada beberapa ibu baru mungkin tidak bisa menyusui karena beberapa kondisi.

“Beberapa orang tua baru menggunakan susu formula karena lebih nyaman dan mudah bagi pengasuh lain untuk memberi makan. Beberapa orang tua tidak memiliki cukup ASI dan karena itu melengkapi dengan susu formula, atau beralih ke susu formula sepenuhnya jika pengalaman menyusui terlalu menantang atau membuat stres,” kata Dina Kulik, MD, seorang dokter anak dan pendiri Kidcrew Medical, dikutip dari Verywell Family.

Untuk membantu Bunda mengetahui bahan susu formula apa saja yang berbahaya untuk bayi, berikut ini adalah beberapa bahan dalam susu formula yang mungkin perlu Bunda waspadai dan hindari. Simak berikut ini, ya Bunda.

Banner Barang Dibeli Crazy Rich PalsuBanner Barang Dibeli Crazy Rich Palsu/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Bahan-bahan susu formula yang berbahaya

1. Sukrosa

Meskipun menjadi salah satu racun yang lebih ringan dalam susu formula, sukrosa memiliki sejumlah masalah. Semua susu formula mengandung bahan yang satu ini karena dapat membantu bayi mencerna susu.

Namun, dikatakan bahwa formula mengandung jumlah sukrosa yang berlebihan, yang dapat menyebabkan obesitas pada masa kanak-kanak dan masalah gigi seperti enamel gigi yang lemah. Ini juga merupakan zat adiktif.

2. Kedelai

Produk berbasis kedelai merupakan seperlima dari semua formula yang dijual dan meskipun terlihat tidak berbahaya, ada banyak masalah dengan kedelai sebagai bahan susu formula untuk bayi.

Kebanyakan kedelai yang ditanam dimodifikasi secara genetik dan dapat dicampur dengan pestisida atau pembunuh gulma, bukan produk yang ideal untuk membiarkan Si Kecil menelannya, ya Bunda.

Simak juga video tentang 5 tanda anak tak cocok dengan susu formula:

[Gambas:Video Haibunda]



HINDARI MEMBELI SUSU FORMULA DENGAN KANDUNGAN BERIKUT INI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!