sign up SIGN UP search


Video

Beri Tahu Si Kecil, Lebaran Tak Harus Baju Baru

  |   Haibunda Selasa, 12 Apr 2022 12:45 WIB

Di masa-masa menjelang Lebaran, ada fenomena yang biasanya dinantikan oleh anak-anak, yaitu membeli baju baru. Namun, tidak semua orang tua mendapatkan THR jelang Hari Raya. Akibatnya, sering kali ada orang tua yang kurang mampu pun berlarian ke sana ke mari demi mendapatkan pinjaman uang untuk membelikan baju baru untuk sang anak berlebaran.

Jika tak memakai baju baru, tidak sedikit anak-anak yang malu dan tidak ingin keluar rumah. Jika ditelusuri memang fenomena membeli baju baru untuk Lebaran sudah mengakar di masyarakat ya, Bunda. Diketahui berdasarkan literatur, sudah sejak abad 16 tradisi mengenakan baju baru saat Lebaran sudah terjadi di masyarakat.

Padahal sesungguhnya di hari Lebaran, bukanlah baju baru yang diperlukan, melainkan baju terbaik yang dimiliki. Hal ini tertuang dalam hadits riwayat Al-Hasan bin Ali RA, ia berkata, "Rasulullah SAW telah memerintahkan kami pada dua hari raya agar memakai pakaian terbaik yang kami temukan". (H.R. Al-Baihaqi dan Al-Hakim). Dua Hari Raya di sini adalah Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Jadi, Bunda bisa mulai memberi tahu Si Kecil, bahwa di hari Lebaran tidak perlu memakai baju baru, melainkan memakai pakaian terbaik yang dimiliki. Bagaimana cara Bunda memberi tahu Si Kecil tentang hal ini? Simak yuk tausiyah dari Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum., dari Aisyiyah di video berikut ini!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!