sign up SIGN UP search


parenting

Perlukah Anak yang Belajar Puasa Diberikan Vitamin Tambahan?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 30 Apr 2022 11:30 WIB
Anak Muslim Perlukah Anak yang Belajar Puasa Diberikan Vitamin Tambahan?/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bunda bisa mulai mengenalkan puasa ke anak sejak usia dini. Tapi, tentunya enggak boleh memaksa ya.

Bila Si Kecil memutuskan belajar puasa, maka Bunda perlu memerhatikan asupan nutrisinya. Selain itu, kita juga harus memastikan kondisi anak dalam keadaan sehat alias tak sakit.

Nah, memastikan nutrisi anak cukup tak harus dengan memberikan vitamin tambahan. Vitamin sebenarnya tak diperlukan saat anak puasa.


Bunda dapat memberikan vitamin tambahan bila nutrisi yang diasup anak kurang atau sedang sakit. Biasanya vitamin dibutuhkan untuk menggantikan asupan nutrisi yang kurang dari makanan.

Tapi, Bunda boleh kok kalau ingin memberikan vitamin tambahan bila tujuannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil. Misalnya, anak diberikan suplemen vitamin C atau vitamin D.

Tapi, pemberian suplementasi ini harus tepat. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui dosis dan efek sampingnya ya, Bunda.

Anak MuslimIlustrasi Anak Buka Puasa/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain memerhatikan asupan nutrisi, kita juga enggak boleh lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan anak. Pemenuhan kebutuhan cairan sangat penting untuk mencegah dehidrasi.

Kebutuhan cairan anak berbeda tergantung berat badan dan usianya. Nah, berikut perkiraan kebutuhan cairan pada anak menurut usianya:

  1. Usia 4-8 tahun memerlukan setidaknya 1.700 mililiter (ml) per hari.
  2. Usia 9-13 tahun memerlukan 2.400 ml per hari pada anak laki-laki dan 2.100 ml per hari pada anak perempuan.
  3. Usia 14-18 tahun tahun memerlukan 3.300 ml per hari pada anak laki-laki dan 2.300 ml per hari pada anak perempuan.

Cara mudah memenuhi asupan cairan ini dengan membagi waktu minum Si Kecil. Misalnya, saat sahur anak minum 2 gelas air mineral, saat berbuka puasa 4 gelas, dan sebelum tidur 2 gelas.

Untuk menjaga kesehatan anak selama puasa, Bunda perlu memilih air mineral yang berkualitas. Nah, pilih air mineral dengan kandungan mineral esensial yang baik untuk tubuh seperti Le Minerale.

Tak hanya itu saja, Le Minerale juga terjamin lebih bersih dan higienis karena menggunakan galon yang selalu baru. Jadi, bukan galon bekas yang dicuci ulang nih, Bunda. Galon beningnya juga membuat kita merasa aman.

Selain itu, kualitas dan kebersihan air mineral juga terjamin karena tutup galon rapat dan kedap udara. Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu, kotoran, dan cemaran virus tentunya.

Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih, lebih aman, dan lebih sehat mulai sekarang!

Simak juga tips mengajarkan anak berpuasa, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!