sign up SIGN UP search


parenting

5 Ide Jajanan Sehat untuk Reward Anak Buka Puasa

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 29 Apr 2022 11:39 WIB
Anak muslim 5 Ide Jajanan Sehat untuk Reward Anak Buka Puasa/ Foto: iStock
Jakarta -

Buka puasa menjadi waktu yang ditunggu anak setelah seharian menahan lapar. Jika ingin waktu berbuka lebih bermakna, Bunda bisa memberikan reward untuk Si Kecil lho.

Tak perlu membeli barang atau mainan, Bunda bisa memasak jajanan sehat untuk dimakan anak saat buka puasa. Selain menghemat pengeluaran, kita bisa memastikan keamanan dan kebersihan makanan.

Ide jajanan buka puasa

Nah, berikut telah HaiBunda rangkum 5 ide jajanan sehat untuk reward anak buka puasa yang bisa Bunda coba masak di rumah:


1. Corndog kentang

Corndog kentang kini menjadi jajanan kekinian yang banyak disukai anak-anak. Bunda dapat membuat corndog buat menambah asupan karbohidrat dan protein di waktu buka puasa.

Bunda cukup menyiapkan sosis, kentang beku yang dipotong kecil, tepung terigu, tepung maizena,, gula pasir, garam, telur, air, dan tusuk sate. Cara membuatnya cukup sederhana lho.

Bunda dapat mencampur semua bahan kecuali sosis dan kentang. Bila adonan sudah jadi, sosis yang sudah ditusuk dengan tusukan sate bisa dilapisi adonan. Kemudian, gulingkan sosis tersebut ke kentang sambil dipadatkan. Corndog kentang bisa langsung digoreng sampai warnanya kecokelatan.

2. Udang mayones

Ide jajanan buka puasa untuk anak juga bisa dikreasikan dari bahan udang. Bahan dan cara membuat jajanan ini juga mudah lho.

Siapkan udang yang sudah dikupas, bawang putih halus, garam, telur, tepung maizena, tepung terigu, garam, merica, dan mayones. Bunda bisa mencampur udang dengan bawang putih dan garam.

Kemudian, celupkan udang ke kocokan telur dan gulingkan ke campuran terigu sambil diremas. Goreng udang tersebut sampai kering dan sajikan dengan mayones.

3. Puding buah

Makanan manis disarankan untuk dikonsumsi anak saat pertama kali berbuka. Nah, Bunda bisa membuat puding buah untuk diberikan ke anak nih.

Kita cukup menyiapkan buah-buahan segar yang disukai anak dan puding bubuk siap masak. Cara membuatnya, Bunda bisa masukkan puding bubuk di dalam air lalu panaskan sampai mendidih.

Setelah mulai hangat, masukkan potongan buah-buahan dan gula secukupnya. Puding bisa ditaruh dicetakkan dan didiamkan di kulkas untuk disantap di waktu berbuka puasa.

Puding BuahPuding Buah/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Beton studio

4. Kurma keju

Kurma dapat disajikan sebagai menu buka puasa. Kurma dapat dijadikan jajanan sehat untuk reward si Kecil yang sudah puasa lho, Bunda.

Siapkan kurma yang bijinya sudah dibuang, kacang almond yang sudah dihaluskan kasar, krim kental, krim keju, madu, dan mentega. Haluskan krim keju dengan mixer, lalu campur mentega, madu, dan krim kental, diaduk rata.

Adonan tersebut bisa ditaruh di plastik piping bag untuk dimasukkan ke dalam kurma. Setelah itu, kurma bisa dilumuri kacang almond yang sudah dihaluskan.

5. Es buah

Es buah adalah ciri khas minuman buka puasa. Selain untuk melepas dahaga, es buah juga bernutrisi karena mengandung vitamin dan mineral di setiap buahnya.

Bunda bisa membuat es buah dengan beragam kreasi. Salah satunya mencampur potongan buah-buahan ke dalam air mineral dengan susu kental manis, sirup, dan es. Mudah banget kan, Bunda?

Nah, saat membuat es buah, pastikan Bunda menggunakan air mineral yang kebersihannya sudah terjamin ya. Pilih air mineral dengan kandungan mineral esensial yang baik untuk tubuh seperti Le Minerale.

Tak hanya itu saja, Le Minerale juga terjamin lebih bersih dan higienis karena menggunakan galon yang selalu baru. Jadi, bukan galon bekas yang dicuci ulang nih, Bunda. Galon beningnya juga membuat kita merasa aman.

Selain itu, kualitas dan kebersihan air mineral juga terjamin karena tutup galon rapat dan kedap udara. Ini artinya air mineral di dalamnya terjamin dari kontaminasi debu, kotoran, dan cemaran virus tentunya.

Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang terjamin lebih bersih, lebih aman, dan lebih sehat mulai sekarang!

Simak juga resep es campur kurma dan buah, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!