sign up SIGN UP search


parenting

4 Kebiasaan Ini Bisa Menandakan Anak Cerdas, Lihat dari Kesehariannya Bun

Asri Ediyati   |   Haibunda Jumat, 24 Jun 2022 16:40 WIB
Mother and toddler wearing red shirt playing together on a bed in the bedroom at home ilustrasi anak dan bunda/ Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Kecerdasan merupakan hal istimewa yang dimiliki manusia. Kecerdasan pun beragam jenisnya. Sebagai orang tua pastinya ingin mengetahui kecerdasan apa yang dimiliki Si Kecil.

Ya, mengingat setiap anak dilahirkan dengan keunikan dan kecerdasannya tersendiri. Kecerdasan pun pada akhirnya tak bisa hanya diukur dari ketertarikan dan membaca atau menghitung.

Untuk Bunda ketahui, ada delapan jenis kecerdasan yang beberapa di antaranya bisa dimiliki setiap anak. Delapan jenis ini yaitu kecerdasan linguistik, naturalis, intrapersonal, interpersonal, kinestetik, visual-spasial, matematis, dan musikal.


Akan lebih baik kalau Bunda lebih peka melihat kecerdasan anak sejak anak masih usia dini, nih. Salah satu caranya, kecerdasan bisa terlihat dan dilatih lewat kebiasaan anak. Kebiasaan yang seperti apa?

Banner Ciri Anak Berpotensi CerdasFoto: HaiBunda/ Novita Rizki

Berikut kebiasaan Si Kecil yang bisa menandakan kecerdasan yang mereka miliki:

1. Punya aktivitas yang disukai

Seperti yang disinggung sebelumnya, ada 8 jenis kecerdasan yang bisa dimiliki anak. Tiap kecerdasan punya ciri khas sendiri.

Misalnya, anak dengan kecerdasan naturalis akan sangat suka bermain di alam dan diajak berkebun. Anak dengan kecerdasan visual akan punya rentang pilihan warna yang sangat beragam saat mewarnai.

Oleh karena itu, jangan selalu terpatok dengan satu kecerdasan ya, Bunda. Tiap manusia bisa punya lebih dari satu jenis kecerdasan. Bunda ciptakan saja banyak aktivitas, nanti bakal kelihatan aktivitas mana yang paling disukai Si Kecil sesuai kecerdasan bawaannya.

2. Punya rasa ingin tahu yang besar

Kecerdasan anak juga dapat dilihat dari bagaimana mereka merespon hal atau tempat yang baru dilihat. Bunda pasti pernah lihat atau punya anak, adik, sepupu, atau murid yang hobi bertanya tentang apa yang mereka lihat dan kerjakan.

Nah, ternyata ini tanda kecerdasan seorang anak, lho. Anak yang cerdas punya rasa ingin tahu yang besar. Untuk memuaskan rasa ingin tahunya, mereka akan banyak bertanya. Eits, kalau anak ada dalam fase begini, jangan dimarahin ya.

Apa lagi kebiasaan lainnya? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Benarkah kecerdasan anak menurun dari Bunda? Simak video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/fir)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!