sign up SIGN UP search


parenting

3 Situs Gratis Tes IQ Online untuk Anak

Haikal Luthfi Selasa, 09 Mar 2021 20:46 WIB
Happy toddler girl with laptop and toys. Kid using computer to communicate with friends, elderly relatives or kindergartners. Education or online communication for kids. Stay at home entertainment caption
Jakarta -

Intelligence Quotient atau lebih dikenal dengan istilah IQ adalah ukuran kecerdasan relatif yang ditentukan oleh tes standar, Bunda. Ini bertujuan untuk menentukan kemampuan intelektual anak, apakah hasilnya kurang, rata-rata, atau superior.

Tes ini pertama kali diperkenalkan oleh Alfred Binet, seorang ahli psikologi dari Perancis pada awal abad ke-20. Mengutip Very Well Family, Binet mendapatkan ide tentang usia mental yang merupakan taraf kemampuan pada seseorang.

Ide ini dibuat ketika dia menyadari bahwa anak-anak semakin mampu mempelajari konsep-konsep dan melakukan tugas-tugas sulit seiring bertambahnya usia mereka. Kebanyakan anak mencapai tingkat kerumitan yang sama pada waktu yang hampir bersamaan, tetapi beberapa anak lebih lambat dalam mencapai tingkat tersebut.


Banner Resep Menu Makanan

Dewasa ini, tes IQ sering digunakan untuk mengukur apa yang diketahui dan seberapa cepat anak dapat memecahkan suatu masalah dengan nalar mereka. Ini diberikan untuk membantu sekolah menentukan jenis akademik yang dibutuhkan anak di sekolah.

Anak-anak yang mendapatkan skor IQ 70 ke bawah memenuhi syarat untuk mendapatkan akomodasi khusus di sekolah. Meski begitu, IQ bukan satu-satunya komponen penentu kecerdasan, apalagi kesuksesan seseorang, Bunda.

"Ada banyak orang sukses yang tidak memiliki IQ tinggi, dan ada banyak orang dengan IQ tinggi yang tidak terlalu sukses," kata Robert Sternberg, seorang profesor perkembangan manusia di Cornell University.

Sehingga anak yang memiliki IQ rendah, belum tentu dia mengalami keterbelakangan karena tes IQ hanya memberikan sedikit indikasi mengenai taraf kecerdasan anak, namun tidak menggambarkan kecerdasan secara menyeluruh.

Tes IQ online

Seperti yang diketahui tes IQ dirancang khusus untuk mengukur bakat dan kemampuan anak, Bunda. Umumnya tes ini bisa dilakukan di lembaga-lembaga tertentu, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, tes IQ kini bisa dilakukan secara online.

Ada banyak situs-situs yang menyediakan tes IQ online, bahkan ini dilakukan secara gratis lho Bunda. Mengutip laman The Balance Everyday, diantaranya sebagai berikut:

Happy toddler girl with laptop and toys. Kid using computer to communicate with friends, elderly relatives or kindergartners. Education or online communication for kids. Stay at home entertainmentIlustrasi tes IQ online/ Foto: iStockphoto

1. Free-IQ-Test

Free-IQTest.net merupakan salah satu situs yang menyediakan tes IQ gratis secara online, Bunda. Dalam situs ini hanya membutuhkan tanggal lahir untuk memulainya.

Total ada 20 pertanyaan, Bunda. Model soal kebanyakan adalah pilihan ganda, dengan satu pertanyaan benar atau salah. Terdapat fitur pengatur waktu di pojok kanan atas untuk melacak berapa lama waktu yang dibutuhkan waktu untuk menyelesaikan tes.

Hasil IQ akan ditampilkan di akhir tes, yang mana skor dapat dibagikan dengan orang lain, melihat jawaban yang benar, dan melihat beberapa perkiraan IQ dari orang-orang terkenal dalam sejarah.

2. Brain Metrix's Free IQ Test

Tes IQ gratis ini juga memiliki total 20 pertanyaan. Semuanya dalam satu halaman. Jadi bisa dengan mudah meninjau jawaban sebelum mengirimkannya, Bunda.

Setelah jawaban dinilai, anak dapat melihat bagaimana hasil tes IQ mereka dipahami. Hasil yang ditampilkan mencakup indikator seperti 'Normal' untuk skor 90-109 dan 'Genius' untuk skor lebih dari 140.

3. Free IQ Test at See My Personality

Merupakan salah satu situs tes IQ gratis yang sangat cepat yang membatasi berapa banyak waktu yang dapat dihabiskan di setiap bagiannya. Untuk memulainya, dibutuhkan input data seperti nama, negara, usia, dan jenis kelamin anak.

Tes ini dipecah menjadi beberapa bagian untuk menguji berbagai hal, termasuk memori, persepsi, pemahaman kata, desain visual, logika, hubungan spasial, urutan numerik, dan kreativitas.

Instruksi tersedia sebelum setiap tes, sehingga bisa mendapatkan satu atau dua contoh pertanyaan untuk memahami apa yang diharapkan.

Kelebihan dari situs ini, dapat menyimpan tes IQ dan melanjutkannya nanti, atau mengerjakan setiap bagian dan menyelesaikannya dalam waktu yang ditentukan. Setelah selesai, hasilnya dapat dikirimkan melalui email, bisa dibagikan dengan orang lain, dilihat secara online, dan bahkan dapat dicetak.

Hasil tes IQ ini mencakup bagian dari tes yang dipecah menjadi sisi otak mana yang digunakan untuk mengerjakannya, dengan skor tes yang ditampilkan setiap bagian pada grafik untuk mengetahui bagaimana anak membandingkan dengan yang lain.

Nah Bunda, semoga bermanfaat ya!

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!