sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Bunda Hidup di Belanda: Sekolah dan Daycare Gratis, Anak Bisa 4 Bahasa

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 11 Jul 2022 08:57 WIB
Restaurant tables lining the beautiful canals of Amsterdam under blue skies during springtime, Netherlands caption
Jakarta -

Tinggal di luar negeri sebagai diaspora tentu memiliki banyak cerita. Kali ini, Bunda diaspora tinggal di Belanda berbagi pengalaman tentang sekolah dan daycare anaknya di sana. Bagaimana sekolah di sana?

Imee, sapaan akrabnya, diketahui tinggal di Eindhoven sejak Juli 2021. Imee membagikan pengalamannya untuk sekadar memberikan informasi. Hal ini karena sebelumnya, ia tinggal di Taiwan bersama suami dan anaknya.

Diceritakan Imee, putrinya yang bernama Sierra kini berusia empat tahun. Ia bersekolah di bassischool, setara dengan SD di Indonesia. Kok bisa empat tahun sudah masuk SD?


Sebelumnya, HaiBunda sudah menghubungi Bunda Imee dan diizinkan untuk membagikan ceritanya. Simak selengkapnya yuk, Bunda.

Ternyata, bassisschool ini memang dimulai dari anak usia 4 tahun. Jadi, tak ada 'TK' di tempatnya tinggal. Lalu, untuk level atau kelas, Sierra bukan masuk kelas yang setara dengan kelas satu di Indonesia. Namun, seperti TK nol kecil.

Sekolahnya dimulai dari jam 08.30 dan berakhir jam 15.00. Kemudian, anaknya itu masuk ke daycare atau Butenschooise opvang dari jam 15.00 hingga jam 17.30.

"Setiap hari kegiatan Sierra dari Senin sampai Jumat seperti itu. Dan memang yang menarik sistemnya, karena berbeda dengan yang kita ketahui di Indonesia," ungkap Imee, dikutip dari kanal YouTube Dimas and Imee.

Sudah kuasai empat bahasa

Kata Imee, banyak temannya yang sering bertanya bagaimana anaknya bisa beradaptasi sekolah di Belanda tanpa les bahasa. Sementara, bahasa pengantarnya adalah Bahasa Belanda.

Imee beruntung putrinya, Sierra bisa kuasai empat bahasa sekarang yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Belanda.

Meskipun, awalnya ia belum bisa pakai Bahasa Belanda, hanya Bahasa Inggris saat masuk sekolahnya. Dalam waktu enam bulan, Sierra sudah bisa beradaptasi dan bercakap-cakap dengan Bahasa Belanda.

"Begitu sampai belanda Juli 2021, Sierra belum tahu bahasa Belanda sama sekali. Hanya bisa Berbahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Tapi dengan usia dini, ia mudah beradaptasi," tutur Imee.

Sekolah berbasis Islam di Belanda

Satu yang menarik, ternyata sekolah Sierra berbasis Islam di Eindhoven. Lagi-lagi, Imee beruntung karena selain belajar pelajaran di sekolah, juga diajarkan agama Islam, salah satunya diajarkan salawat.

"Sierra sekolah muslim, mix school, kami bisa memilih sekolah berdasar Islam. Di sana memang (teman-teman Sierra) berasal dari Turki, Syria, Iran, dan Maroko. Banyak latar belakangnya Muslim," kata Imee.

Karena sekolahnya berbasis Islam maka di sekolahnya, sang anak tidak mengikuti budaya yang tidak Islami, contohnya tidak merayakan ulang tahun, tidak merayakan hari raya agama lain, dan juga dibimbing untuk selalu berdoa.

Tiap hari juga anaknya menghafal surat Al-Qur'an, kalau minimal hafal lima surat nanti diberikan hadiah oleh gurunya. Tak cuma bahas kegiatan sekolah, Imee juga membahas biaya sekolah di Eindhoven, Belanda. Berapa biayanya? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video aksi lucu Arkana putra Ridwan Kamil saat kedatangan Rossa:

[Gambas:Video Haibunda]



BERAPA BIAYA SEKOLAH DI BELANDA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!