parenting

Viral Siswa SD Pakai Seragam & Sepatu Kebesaran, Alasannya Bikin Guru Menangis

Asri Ediyati   |   HaiBunda

Selasa, 19 Jul 2022 20:45 WIB

Jakarta -

Setiap guru menganggap setiap siswa yang dididiknya seperti anak sendiri. Seperti seorang guru sekolah dasar (SD) dari Penang, Malaysia bernama Mohd Nasir Mohd Zain. Guru Pendidikan Agama Islam itu bercerita tentang salah satu siswanya di kelas 3.

Siswa laki-laki itu menarik perhatian sang guru setelah ia diketahui menyeret kakinya saat berjalan dan terus-menerus memegangi celana sekolahnya. Rupanya sepatu dan seragamnya kebesaran. Setelah diketahui lebih lanjut, seragam dan sepatunya itu merupakan lungsuran dari kakaknya, Bunda.

Melihat siswa itu menyeret kakinya, hati Nasir bergetar. Ia menangis. Lantaran, di antara banyak orang yang kurang mampu yang ia temui, siswa itu punya keinginan kuat untuk menempuh pendidikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


"Saya menangis, di antara banyak orang kurang mampu yang saya temui, dia sangat istimewa karena dia memiliki tekad yang tinggi dan datang ke sekolah meskipun dalam kondisi yang sangat buruk," kata Mohd Nasir Mohd Zain melalui sebuah laporan oleh Harian Metro.

Tak hanya itu, guru tersebut telah membeli seragam yang pas untuk siswa kelas 3 itu.

"Air mata saya hampir jatuh ketika saya melihatnya rela menyeret kakinya di lantai agar sepatunya yang jauh lebih besar dari kakinya tidak lepas sementara tangannya selalu memegangi celananya agar tidak tergelincir," ungkap Nasir.

"Saya pikir jika itu terjadi pada anak saya atau siswa lain, mereka akan malu dan tidak mau sekolah. Jadi, saya tidak peduli orang mau bilang apa karena niat saya untuk membagikan cerita ini agar menjadi inspirasi bagi orang lain, terutama siswa lain agar tidak menjadikan kemiskinan sebagai penghalang untuk datang ke sekolah," tambah guru tersebut.

Bocah laki-laki itu diduga berasal dari keluarga miskin dan dia memiliki empat saudara lelaki dan perempuan lainnya.

Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga video tentang hal yang perlu dihindari orang tua ketika anak usia sekolah dasar:

[Gambas:Video Haibunda]



TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT