sign up SIGN UP search

parenting

Cerita Kevin Liliana Miss Internasional 2017 Tanamkan Disiplin pada Anak Sejak Dini

Asri Ediyati   |   Haibunda Senin, 25 Jul 2022 20:15 WIB
Kevin Liliana dan Anak caption
Jakarta -

Menanamkan kedisiplinan dan melatih keterampilan sosial pada anak pastinya menjadi salah satu tantangan untuk menghadapi babak baru sebagai orang tua. Hal ini dialami Kevin Liliana. Miss International 2017 itu diketahui kini memiliki seorang anak perempuan bernama Seraphine Zaylina Mahendra.

Walau anak perempuannya masih belum genap berusia dua tahun, Kevin Liliana tampaknya mempersiapkan segalanya sejak anaknya usia dini, termasuk menanamkan kedisiplinan dan melatih keterampilan sosial. Ia melakukan tersebut bersama suami karena Si Kecil sudah memasuki usia preschool.

Kevin menceritakan putrinya sudah memiliki rutinitas yaitu dimasukkan sekolah renang sejak usia dua bulan. Selain untuk belajar renang, Kevin ingin membangun rutinitas putrinya sejak awal. Tak hanya itu, Kevin ingin anaknya bersosialisasi dengan teman sebayanya, Bunda.


"Dari usia dua bulan itu dia sudah mulai bersosialisasi dengan teman sebayanya. Waktu itu mulai belajar les renang dari usia 2 bulan dan di usia 1 tahun 3 bulan, itu berhenti karena memang anaknya kurang nyaman dengan aktivitas tersebut. Jadi memang balik lagi ke kenyamanan anaknya," ujar Kevin, di acara Modern Parent by Mothercare Super Bekal (Serunya Pertama Belajar dan Saling Kenal), baru-baru ini.

Setelah dipertahankan dan Si Kecil tetap enggak nyaman, Kevin memutuskan cari aktivitas lain yang sebisa mungkin dia tetap ketemu sama teman-teman seusianya. 

Hal itu dilakukan Kevin agar anaknya bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain, enggak melulu dengan orang tua atau yang jauh di atas usianya, Bunda.

"Jadi mencari kegiatan yang rutin untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya," tutur Kevin.

"Sebenarnya saya sendiri pernah baca kalau rutinitas itu baik untuk anak. Anak itu harus mengenal rutinitasnya dari mulai dia bangun sampai tidur lagi," lanjutnya.

Belajar disiplin dari rutinitas di rumah

Akhirnya, Kevin Liliana bersama suami berusaha mencari aktivitas lain. Ternyata, putrinya senang dengan gym anak-anak yang bisa membuatnya bergerak bebas.

"Nah, akhirnya saya ajak ngobrol enggak apa-apa deh yang penting kamu punya rutinitas, kamu mau menjalani rutinitas tersebut," ungkap Kevin.

"Itu tadi rutinitasnya di luar, kalau rutinitas lainnya, dia setelah mandi rutin baca buku lalu dia ke (lantai) bawah untuk snack time. Setelah snack time, dia tidur siang. Jadi, rutinitas seperti itu bagi saya sudah cukup untuk menanamkan kedisiplinan anak," tambahnya.

Tak hanya itu, Kevin Liliana juga membagikan tips ketika anaknya mogok makan. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tentang manfaat bersepeda untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



KIAT KEVIN LILIANA ATASI ANAK MOGOK MAKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!