sign up SIGN UP search


parenting

Makna dan Nilai Lirik Lagu 'Pelangi' Ciptaan AT Mahmud: Dalem Banget, Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 01 Aug 2022 22:50 WIB
Anak bernyanyi caption
Jakarta -

Lirik lagu Pelangi merupakan salah satu lagu populer di kalangan anak-anak. Lagu ini sendiri diciptakan oleh Abdullah Totong Mahmud (AT Mahmud) berdasarkan pengalaman pribadi ketika masa menjemput anaknya ke sekolah.

Selain dikenal sebagai lagu yang menyenangkan, lirik Pelangi juga mengandung nilai dan makna lain lho, Bun. Yakni kisah hidup seorang Ayah yang menikmati suasana alam ketika menjemput anak.

Selain itu terlihat juga betapa makna bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena sudah menciptakan sesuatu yang sangat indah dilihat. Masihkah Bunda ingat dengan lirik lagu Pelangi itu? Nyanyikan bersama Si Kecil yuk, Bun!


Banner Fakta IQ AnakFoto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Fakta tentang lagu Pelangi ciptaan AT Mahmud

Pada suatu hari sehabis gerimis, seorang Ayah berangkat mengendarai sepeda motor dengan niat menjemput anaknya dari sekolah. Ketika Si Kecil sudah berhasil duduk di jok belakangan, Ayah tersebut mulai menghidupkan motornya untuk kembali pulang.

Udaranya sangat bersih saat ban motor menggilas jalanan yang masih dalam kondisi basah. Ketika melewati Pasar Cikini, Ayah mulai mengambil jalan ke arah Jalan Surabaya dan melewati batas rel kereta api. Kemudian putrinya berteriak, tepatnya saat motor sedang melaju di atas Jembatan Pasar Rumput. Kata-kata yang diteriakkan putrinya ialah "Pelangi!"

Ayah itulah AT Mahmud yang melajukan motor secara perlahan bersama Si Kecil yang bernama Rika. Benar saja, ia melihat pelangi melengkung indah membentuk setengah lingkaran saat melanjutkan perjalanan ke Jalan Guntung menuju Jalan Halimun.

Pak Mahmud mulai bertanya-tanya, mengapa anaknya tertarik pada pelangi dan di mana dia melihatnya? Mungkin sebelumnya Rika hanya melihatnya dalam bentuk gambar di sehelai kertas dan sekarang dia sudah melihatnya secara nyata. Sebuah pelangi cantik yang membentang luas dengan warna indah. Berdasarkan peristiwa inilah, lirik lagu pelangi muncul yang hingga hari ini masih didengarkan oleh jutaan anak-anak Indonesia.

Makna tafsir lagu Pelangi

Lagu anak populer karya AT Mahmud hampir diketahui semua orang dari kalangan dewasa hingga anak-anak. Dari pertama kali diciptakan saat generasi 80-an dan 90-an hingga hari ini, hampir semua kalangan anak TK bisa menyanyikannya.

Mungkin Bunda belum tahu, lirik lagu Pelangi untuk anak-anak ini bermakna tentang seorang anak kecil yang memandang salah satu bentuk kebesaran Tuhan melalui fenomena pelangi di langit.

Cukup mengejutkan, Bun karena bagi orang dewasa "pelangi-pelangi" kerap diartikan sebagai 'gadis-gadis'. Dan, penggalan "alangkah indahmu" diartikan sebagai kecantikan parasnya. "Merah kuning hijau" diartikan sebagai perbedaan suku dan bangsa, sedangkan kata "pelukismu agung" dimaknai sebagai penciptanya yang Maha Agung. Kemudian ada kalimat "siapa gerangan" yang artinya siapakah penciptanya? Lagu ini diakhiri dengan penggalan kalimat "pelangi-pelangi ciptaan Tuhan".

Maknanya sebagus dan secantik apapun paras seseorang, ia harus ingat bahwa semuanya merupakan ciptaan Tuhan sehingga tidak ada yang harus disombongkan. Namun, apapun maknanya, faktanya lirik lagu Pelangi ini telah berhasil membuat masa kecil semua anak lebih bahagia, menyenangkan, dan tak bisa dilupakan. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara membuat momen mandikan Si Kecil jadi no drama!

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!