sign up SIGN UP search


parenting

10 Rekomendasi Vitamin D3 untuk Anak, Perkuat Tulang & Tambah Imunitas

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 31 Jul 2022 16:35 WIB
Ilustrasi anak minum vitamin Ilustrasi anak minum vitamin/ Foto: Getty Images/hxyume
Jakarta -

Vitamin D3 sangat penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan yang kuat. Tetapi sayangnya, sulit untuk mengetahui apakah anak mendapatkan jumlah yang cukup, Bunda.

Berharap pada sinar matahari saja rasanya belum cukup memenuhi kebutuhan vitamin D pada tubuh anak.  Itu sebabnya, banyak yang merekomendasikan pemberian vitamin tambahan untuk memenuhi kecukupan vitamin D.

Namun, jangan sembarangan ya, Bunda, karena tetap harus meminta saran dari dokter sehingga tepat guna untuk pertumbuhan anak. Sebelumnya, kita pahami dulu yuk apa manfaat vitamin D pada anak.


Manfaat vitamin D untuk anak

Vitamin D3 memiliki banyak manfaat untuk anak-anak dan orang dewasa. Vitamin ini erat hubungannya dengan tulang yang lebih kuat, sistem kekebalan yang diperkuat, dan kemungkinan pencegahan penyakit. Berikut penjelasannya:

  • Tulang yang lebih kuat

Menurut sumber yang diterbitkan di JAMA Pediatrics, tubuh hanya dapat menyerap mineral penguat tulang ketika ada vitamin D3. Jadi kenapa penting, karena anak-anak membangun tulang sepanjang masa kanak-kanak dan remaja mereka. Sehingga mendapatkan cukup kalsium dan D3 sangat penting selama waktu itu.

Dalam kasus yang jarang terjadi, anak-anak bisa kekurangan vitamin D3 sehingga mereka mengembangkan kondisi yang disebut rakhitis, ketika tulang menjadi lemah dan lunak dan kaki mereka tampak bengkok.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Vitamin D3 juga memainkan peran penting dalam sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi, penelitian yang dipublikasikan menunjukkan bahwa kadar vitamin D3 serum darah 50 nanogram per mililiter (ng/ml) tampaknya melindungi terhadap infeksi pernapasan, mengingat saat ini sedang pandemi.

  • Mencegah penyakit

Para peneliti juga mempelajari apakah vitamin D3 berperan dalam pencegahan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Ilustrasi anak minum susu atau alergi susuIlustrasi anak/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Kiwis

Berapa jumlah vitamin D3 yang dibutuhkan anak per hari?

  • Bayi

Mengutip berbagai sumber, bayi di bawah 1 tahun membutuhkan 400 IU vitamin D3 sehari. Susu formula bayi memiliki 400 IU per liter, sehingga bayi yang minum setidaknya 1 liter susu formula setiap hari mendapatkan cukup vitamin D. Jika bayi hanya minum ASI atau mereka minum susu formula tapi kurang dari 1 liter setiap hari, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan sebelum memberi bayi suplemen vitamin D.

  • Anak-anak

Anak-anak di atas 1 tahun membutuhkan 600 IU atau lebih vitamin D3 sehari. Penyedia layanan kesehatan sering menyarankan anak-anak yang sehat untuk mengonsumsi 600 hingga 1.000 IU setiap hari.

Beberapa anak mungkin membutuhkan lebih banyak vitamin D3, seperti mereka yang:

  • memiliki masalah medis tertentu (misalnya, obesitas, penyakit celiac, cystic fibrosis, beberapa patah tulang, atau nyeri tulang)
  • sedang penyembuhan dari operasi tulang (seperti setelah operasi fusi untuk skoliosis)
  • sedang minum obat (seperti obat anti-kejang) yang menghalangi cara tubuh menggunakan vitamin D3

Sumber vitamin D3

  • Matahari

Tubuh membuat vitamin D3 ketika kulit terkena sinar matahari. Faktanya, kini sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D3 dari matahari. Sebagian besar anak-anak dan orang dewasa menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan di sekolah dan bekerja.

Saat berada di luar ruangan, penting untuk melindungi kulit untuk mencegah kanker kulit dan kerusakan kulit akibat terlalu banyak terpapar sinar matahari.

  • Makanan

Sangat sedikit makanan yang memiliki vitamin D3 secara alami. Makanan yang paling banyak adalah ikan berlemak (seperti salmon dan tuna), hati, telur, dan minyak ikan. Fakta di lapangan, anak-anak tidak banyak makan makanan ini. Itu sebabnya perusahaan makanan menambahkan vitamin D3 ke susu, yogurt, susu formula, jus, sereal, dan makanan lainnya.

  • Suplemen

Untuk mendapatkan vitamin D3 yang cukup, anak-anak perlu mengonsumsi multivitamin dengan vitamin D3 atau suplemen vitamin D3.

Bunda dapat membeli vitamin D3 untuk anak-anak berupa permen kunyah, sirup, drop di toko tanpa resep dokter. Tapi tetaplah untuk minta saran dari penyedia layanan kesehatan anak untuk memilih yang tepat.

ilustrasi anak minum vitaminilustrasi anak minum vitamin/ Foto: iStock

Rekomendasi vitamin D3 untuk anak

Berikut di antaranya:

1. Prove D3 Drop

Vitamin merek ini cukup populer di kalangan para Bunda. Mengutip laman resmi Kalbe, tiap tetes Prove D3 Drop mengandung vitamin D3 400 IU.

Aturan pakai:

  • Anak > 1 tahun dan dewasa: 1 kali sehari 1 tetes
  • Teteskan Prove D3 ke dalam mulut secara langsung atau diletakkan di sendok terlebih dahulu atau dicampurkan ke dalam minuman. Botol dipegang agar tetap tegak lurus dan ketuk alas botol sampai tetesan keluar.

Harga: Rp279.142

2. ChildLife Essentials Vitamin D3

Dikutip dari laman resmi ChildLife Essentials, suplementasi dengan Vitamin D3 direkomendasikan oleh American Academy of Pediatrics untuk dimulai sejak lahir. ChildLife Essentials Vitamin D3 tetes dapat diberikan sejak lahir, berlanjut sepanjang masa remaja

Aturan pakai:

  • Untuk bayi sejak lahir - 1 tahun: 6 tetes setiap hari
  • Untuk anak > 1 tahun: 8 tetes setiap hari

Harga: Rp170.000 - Rp200.000

3. Animal Parade Vitamin D3

Dilihat di laman resminya, Animal Parade Vitamin D3 menyediakan vitamin D sebagai D3, bentuk yang sangat dibutuhkan anak-anak. Mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Aturan pakai:

Anak-anak > 2 tahun: kunyah satu tablet setiap hari. Dirancang untuk anak-anak usia mengunyah yang aman dan lebih tua.

Harga: Rp180.000 - Rp250.000

4. Nature's Way Kids Smart Drops Vitamin D3

Nature's Way Kids Smart Drops Vitamin D3 merupakan suplemen yang kaya akan kandungan Vitamin D3 dan berguna dalam menguatkan tulang serta gigi, meningkatkan imunitas, menguatkan otot, dan memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Aturan pakai:

  • Bayi 7-12 bulan: 0.5 ml setiap hari, atau sesuai dengan petunjuk dokter serta sesuai dengan aturan dan cara yang dianjurkan.
  • Anak usia 1-2 tahun: 1 ml setiap hari.
  • Anak usia > 2 tahun: 1-2 ml setiap hari.

Harga: Rp235.000

ilustrasi minum obatilustrasi/ Foto: iStock

5. Natural Factors Vitamin D3 for Kids

Natural Factors Vitamin D3 for Kids adalah suplemen untuk tulang & gigi yang kuat, cocok untuk vegetarian, berperisa stroberi, dan memakai pemanis Xylitol.

Aturan pakai:

Untuk anak-anak > 3 tahun: kunyah 1 tab, 1-2 kali sehari

Harga: Rp130.000 - Rp170.000

6. Ostelin Kids Vitamin D3 Liquid

Ostelin Kids Vitamin D3 Liquid menyediakan dosis vitamin D3 yang disesuaikan dan berperisa stroberi. Suplemen ini cocok untuk mempertahankan kadar vitamin D yang memadai pada anak berusia 6 bulan ke atas dan dapat membantu dalam pencegahan kekurangan vitamin D ketika asupan makanan tidak memadai.

Aturan pakai:

Bayi 6 bulan ke atas dan anak-anak hingga 12 tahun: 0,5 ml setiap hari dengan makanan

Harga: Rp137.000

7. OST-D Drop Vitamin D

Mengutip dari laman toko resminya di e-commerce, OST-D merupakan satu-satunya suplemen vitamin D yang larut air (tidak hanya larut lemak) untuk mengatasi defisiensi dan mempertahankan kecukupan vitamin D pada segala usia. Aman diberikan untuk anak hingga lanjut usia.

Dikemas dalam botol model drop (tetes) dengan isi bersih 5 ml (setara 100 tetes). Tiap 1 tetes (0,05 ml) mengandung 200 IU vitamin D3.

Aturan pakai:

  • Bayi < 6 bulan: rekomendasi dokter
  • Anak & dewasa: 2 tetes, sekali dalam sehari

Harga: Rp150.000 - Rp375.000

8. NOW Chewable Vitamin D3

NOW Chewable Vitamin D3 merupakan suplemen dalam bentuk tablet kunyah dengan rasa mint alami.

Aturan pakai:

Anak > 5 tahun dan dewasa: 1 tablet kunyah tiap hari

Harga: Rp155.000

9. KID-D Sirup Vitamin D Anak

KID-D Sirup Vitamin D Anak adalah suplementasi Vitamin D pada anak, untuk meningkatkan imunitas mereka.

Aturan pakai:

Anak ≥ 1 tahun hingga dewasa: 1 ml (400 IU), sekali sehari

Harga: Rp79.900 - Rp86.330

10. Nordic Naturals Vitamin D3 Gummies Kids

Nordic Naturals Vitamin D3 Gummies KIDS merupakan suplementasi vitamin D3 anak dan berperisa semangka. Suplemen ini diklaim mendukung kesehatan tulang dan kekebalan tubuh, terverifikasi Non-GMO, diuji kemurniannya oleh pihak ketiga.

Aturan pakai:

Anak usia > 4 tahun: 1 tablet kunyah tiap hari

Harga: Rp270.000- Rp350.000

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(aci)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!