sign up SIGN UP search

parenting

5 Jenis Baju Adat Jawa Tengah, Yuk Kenalkan ke Si Kecil Bun!

Kinan   |   Haibunda Jumat, 19 Aug 2022 09:02 WIB
Baju adat Jawa Tengah caption

Indonesia memiliki aneka ragam budaya yang unik, salah satunya berupa macam-macam baju adat Jawa Tengah. Sejarahnya juga sangat menarik untuk dipelajari anak-anak lho, Bunda.

"Pakaian adat adalah semua kelengkapan yang dipakai oleh seseorang yang berasal dari tempat asal suatu daerah. Pakaian adat menunjukkan etos kebudayaan suatu masyarakat," ujar Abdul Manan Halim, dikutip dari buku Pakaian Adat Nusantara.

Biasanya untuk pakaian khas dari Jawa Tengah yang paling dikenal hanya kebaya. Padahal ada beberapa jenis pakaian adat lainnya yang juga tak kalah menarik. 


Tak cuma berbeda dari model dan bahannya saja, beberapa jenis pakaian adat khas Jawa Tengah ini juga berbeda-beda momen penggunaannya.

Jenis baju adat Jawa Tengah

Nah, jadi seperti apa saja sebenarnya jenis-jenis baju adat Jawa Tengah yang bisa Bunda pelajari? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Jawi Jangkep

Salah satu pakaian adat Jawa Tengah untuk pria disebut Jawi Jangkep, yang biasanya dipakai saat pernikahan. Kelengkapan pakaian ini dilengkapi dengan keris dan blangkon. 

Baju ini biasanya polos berwarna gelap, seperti hitam atau biru tua. Dilengkapi juga dengan atasan motif kembang di bagian tengah dan beskap di bagian dalam. 

Semua ini kemudian dilengkapi pula dengan kain jarik batik hingga mata kaki untuk bagian bawah. Keris kemudian akan diselipkan di bagian belakang dengan hiasan roncean melati.

2. Kebaya

Baju adat Jawa TengahBaju adat Jawa Tengah/ Foto: iStockphoto

Untuk wanita, salah satu jenis baju adat Jawa Tengah yang populer yakni kebaya. Baju kebaya ini memiliki desain berbentuk blus sederhana berlengan panjang.

Bahan yang umumnya digunakan untuk kebaya khas Jawa Tengah yakni beludru atau kain sutera, dengan warna gelap seperti contohnya hitam. 

Sebagai dalaman, biasanya akan digunakan kemben dan lilitan stagen di bagian perut. Sebagai bawahan dilengkapi penggunaan kain jarik panjang bermotif batik.

Apa lagi ya jenis baju adat khas Jawa Tengah? Intip di halaman selanjutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga yuk pendapat istri gubernur Jawa Tengah dalam menginspirasi banyak orang dalam video di bawah ini

[Gambas:Video Haibunda]



BESKAP, JARIK HINGGA STAGEN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!