sign up SIGN UP search


parenting

7 Cerita Fabel untuk Anak Usia Dini, Asah Imajinasi dan Tanamkan Pesan Moral

Kinan   |   Haibunda Kamis, 25 Aug 2022 22:15 WIB
Ilustrasi dongeng anak atau membaca buku Ilustrasi 7 Cerita Fabel untuk Anak Usia Dini, Asah Imajinasi dan Tanamkan Pesan Moral. Foto: Getty Images/iStockphoto/Choreograph
Jakarta -

Cerita fabel menjadi salah satu bentuk cerita yang disukai oleh anak-anak. Memiliki kisah kehidupan para binatang, kisah-kisah unik ini dapat membantu mengasah kemampuan berimajinasi anak, lho.

Dikutip dari Rumah Belajar Kemdikbud RI, secara etimologis kata fabel berasal dari bahasa latin 'fabulat'. Fabel merupakan cerita fiksi tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia. 

Fabel sering juga disebut sebagai 'cerita moral' karena memiliki banyak pesan yang bisa dipelajari oleh pembacanya. 


Binatang-binatang yang ada pada cerita fabel memiliki karakter seperti manusia, ada yang baik dan juga sebaliknya. Selain melatih imajinasi, kisah-kisah hewan ini juga membuat anak mau mencontoh kebaikan karakter-karakter tersebut.

Berikut beberapa contoh dongeng fabel yang bisa Bunda bacakan untuk anak:

Cerita fabel untuk anak usia dini

Simak ulasannya di sini:

1. Cerita Teriak Kukuruyuk

Suatu hari ada seekor Musang yang kelaparan. Saat melihat Ayam, Musang langsung lari mengejarnya. Ayam pun berlari ketakutan.

"Hai Ayam, mau lari ke mana kamu?" teriak Musang.

Ayam terus berlari kencang sekali. Ayam tidak menghiraukan teriakan Musang. Musang pun terus berlari mengejar.

Saat menjelang malam, Ayam berhasil meloloskan diri. Ayam selamat dan sembunyi di bawah pohon besar. Ayam pun terlelap tidur.

Dalam tidurnya, Ayam bermimpi buruk. Dia bermimpi dikejar-kejar Musang lagi. Ayam sangat ketakutan. Dalam ketakutan Ayam berteriak aneh, "Kukuruyuuukkk!".

Ayam terbangun saat pagi tiba. Ayam pun kembali berteriak seperti dalam mimpinya. "Kukuruyuuk!". Sejak saat itu, setiap kali bangun tidur Ayam selalu bersuara "Kukuruyuuk..."

Cerita fabel ini dikutip dari buku Dongeng Imajinatif untuk Anak Usia Dini, yang ditulis oleh Heru Kurniawan, Titi Anisatul Laely, dan Nanda Rakhmah Hidayah.

Banner 20 Dongeng Anak

2. Kisah Kijang dan Anjing Hutan

Di sebuah hutan, hiduplah Anjing Hutan dan Kijang yang saling berdampingan. Suatu saat hutan tersebut dilanda bencana sampai-sampai para Anjing Hutan saling memakan kawanannya sendiri untuk bertahan hidup.

Lama-kelamaan mereka khawatir akan punah jika saling memakan saudaranya sendiri. Akhirnya Anjing Hutan ini berunding dan memutuskan untuk memakan kawanan kijang yang sedang minum. Kawanan kijang pun berlarian.

Namun, ada satu Kijang yang terpisah dari kawanannya. Saat hendak dimakan, tiba-tiba Anjing Hutan itu menginjak patahan kayu sampai melukai kakinya. Ia meminta bantuan kepada Kijang. Tak disangka, Kijang pun membantunya.

Saat kawanan Anjing Hutan lainnya mengepung Kijang, justru Anjing Hutan yang kakinya terluka membela Kijang. Kijang pun selamat.

Pesan moral: Cerita fabel ini ialah kebaikan akan berbuah kebaikan pula.

Mother read fairy tale for her daughter to listen at home. Leisure at home. Night scene with love and care.Ilustrasi membaca dongeng sebelum tidur/Foto: iStock

3. Kancil dan Buaya

Suatu hari, Kancil berjalan-jalan di dalam hutan untuk mencari makanan. Karena makanan di sekitar kediamannya telah berkurang, Kancil pun pergi untuk mencari di luar kawasannya. 

Saat dihadapkan dengan sungai yang harus diseberanginya, Kancil mendapati banyak sekali buaya yang sedang kelaparan. Saat mendekati tepi sungai, ia pun memerintahkan kepada Buaya untuk memanggil kawanannya sebab Raja Hutan akan memberi mereka makan.

Kawanan Buaya itu pun diminta berbaris ke permukaan karena jumlah mereka hendak dihitung Kancil. Buaya pun menuruti perintah Kancil. 

Tapi ternyata itu hanyalah tipu daya Kancil agar ia dapat menyebrangi sungai tanpa cengkeraman para Buaya.

Pesan moral: Cerita fabel ini mengajarkan bahwa kecerdikan dapat mengalahkan kekuatan. 

Simak pilihan cerita lainnya di halaman berikut yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video dongeng anak sebelum tidur yang paling populer berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KISAH ITIK BURUK RUPA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!