sign up SIGN UP search

parenting

10 Obat Diare yang Ampuh untuk Anak dari Bahan Alami Rumahan, Wajib Siap Sedia

Kinan   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 04:00 WIB
ilustrasi obat diare untuk anak caption
Jakarta -

Diare menjadi salah satu keluhan yang umum dialami oleh anak-anak, Bunda pun perlu siap siaga menyediakan obat diare yang ampuh di rumah. Sudah tahu apa saja pilihannya?

Diare adalah suatu kondisi ketika Si Kecil buang air besar dengan kondisi tinja encer dan berair. Selain dari segi tekstur, frekuensinya juga lebih sering dari biasanya. 

Kondisi ini bisa berlangsung 1-2 hari, lalu hilang dengan sendirinya. Jadi ketika diare terjadi terus-menerus lebih dari 2 hari, segera ke dokter. Bisa saja penyebab diare pada anak adalah karena adanya masalah kesehatan yang lebih serius.


Diare secara umum terjadi karena konsumsi makanan atau air yang tidak bersih, alias sudah terkontaminasi oleh bakteri. Selain itu, anak juga terkena diare karena infeksi virus.

Pilihan obat diare yang ampuh untuk anak

Seperti disebutkan sebelumnya, diare menjadi salah satu keluhan umum pada anak, sehingga biasanya tidak perlu pengobatan khusus. Perawatan saat anak diare lebih fokus untuk meredakan keluhan penyerta dan mencegah dehidrasi.

Sebab dalam kebanyakan kasus, diare akut akan berhenti ketika infeksi pada tubuh sudah teratasi dan gejalanya mereda.

“Diare itu seperti batuk ketika Anda sedang pilek. Usus sedang mencoba mengeluarkan penyebab masalahnya. Jika seseorang mengonsumsi obat anti-diare sembarangan, infeksinya justru tertahan di dalam,” ungkap ahli gastroenterologi anak di UT Southwestern, Lauren Lazar, MD, dikutip dari Childrens.

Kenyamanan Si Kecil menjadi salah satu faktor penting saat ia sedang terkena diare. Berikut beberapa pilihan obat diare yang ampuh dari bahan rumahan untuk Si Kecil seperti dilansir berbagai sumber:

1. Air putih yang cukup 

Pada dasarnya, tubuh membutuhkan cukup air untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien. Minum air putih juga mencegah dehidrasi, yang jika terjadi dapat membuat sistem pencernaan lebih sulit bekerja.

Selain itu, minum cukup air putih juga dapat membantu mengurangi mulas berlebih saat diare.

Ilustrasi anak minum air putihIlustrasi anak minum air putih/Foto: Getty Images/iStockphoto/simarik

2. Yoghurt

Probiotik diketahui juga dapat dikonsumsi oleh anak saat terkena diare. Ini karena probiotik dapat mengembalikan jumlah bakteri baik dalam usus.

Tambahan bakteri baik ini pun membantu sistem kekebalan tubuh melawan bakteri jahat pemicu infeksi dan diare. Salah satu sumber probiotik yang bisa diberikan yaitu yoghurt.

3. Pisang

Jika saat diare anak ingin ngemil, Bunda bisa memberikan buah pisang yang sudah matang dan manis. Buah ini bisa menjadi salah satu obat diare yang ampuh karena mengandung potasium dan pektin yang membantu mengeraskan tinja.

4. Jahe

Dikutip dari Healthline, beberapa penelitian menemukan bahwa jahe bisa menjadi obat diare yang ampuh untuk anak. Selain itu jahe juga banyak digunakan sebagai obat alami untuk beberapa jenis keluhan sakit perut lainnya.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu menenangkan gangguan pencernaan. Bunda bisa memberikan jahe dalam masakan untuk anak atau dicampur dalam teh hangat.

5. Kompres hangat

Saat sedang diare, anak bisa mengalami ketidaknyamanan karena rasa nyeri di perut. Ini bisa mengganggu istirahat dan aktivitas sehari-harinya. Jika demikian, Bunda bisa memberi anak kompres hangat di bagian perut.

Dikutip dari Medical News Today, rasa hangat di perut akan mengalihkan perhatian anak dari rasa tidak nyaman, serta membantu mengendurkan otot dan mengurangi rasa mual. 

Intip pilihan obat diare ampuh lainnya di halaman berikut, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video kenali tanda bahaya diare anak dan kapan harus dibawa ke dokter:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT DIARE LAINNYA: ORALIT, ASI, DAN SUP KALDU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!