sign up SIGN UP search

parenting

10 Obat Diare yang Ampuh untuk Anak dari Bahan Alami Rumahan, Wajib Siap Sedia

Kinan   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 04:00 WIB
OBAT DIARE LAINNYA: ORALIT, ASI, DAN SUP KALDU
Ilustrasi Cara Membuat Oralit untuk Cegah Dehidrasi saat Anak Diare. caption

6. Madu

Madu merupakan antiseptik alami yang baik sebagai obat diare yang ampuh untuk anak. Selain diminum langsung, madu juga dapat dicampurkan dengan air putih hangat atau teh. 

Namun perlu diingat ya Bunda, madu tidak boleh diberikan pada anak berusia di bawah 1 tahun. Ini karena madu mengandung bakteri Clostridium botulinum. 

Pada anak berusia kurang dari 12 bulan, bakteri pada madu ini dapat menyebabkan keracunan serius yang disebut botulisme.


Banner Cerita Kehamilan Gracia Indri

7. Oralit

Saat ini sudah ada beberapa produk oralit siap saji yang dijual dalam kemasan botol dan bisa langsung diminum. Ada pula oralit siap saji lainnya dalam bentuk sachet yang harus dilarutkan dengan air putih terlebih dahulu.

Tetapi jika Bunda tidak sempat membeli, Bunda dapat membuatnya sendiri di rumah.  

Bahan yang diperlukan: 

  • Air 200 ml, garam 1/4 sendok makan, gula 1 sendok makan, gelas dan sendok pengaduk.

Cara membuat: 

  • Masukkan gula dan garam ke air di dalam gelas, aduk rata.
  • Bunda dapat menggunakan air hangat supaya gula dan garam bisa lebih cepat larut. Setelah itu, cairan oralit siap diberikan pada anak.

8. Sup kaldu hangat

Untuk mencegah anak dehidrasi saat diare, jangan lupa penuhi kebutuhannya ya, Bunda. Selain dari minum air putih, Bunda juga dapat memberikan makanan bergizi seperti sup kaldu hangat.

9. Teh peppermint

Peppermint telah terbukti memiliki efek menenangkan pada otot perut. Sediaan peppermint dalam bentuk teh juga bisa menyegarkan tubuh Si Kecil, Bunda.

Secara ilmiah, peppermint memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran empedu, yang digunakan tubuh untuk pencernaan. Bunda dapat menyajikan teh peppermint ini saat anak mulai menunjukkan gejala sakit perut.

10. ASI

Jika anak yang terkena diare masih berusia 1-2 tahun, ASI bisa menjadi salah satu pilihan obat diare yang ampuh. ASI dapat membantu mempercepat pemulihan bayi karena kandungan antibodinya yang tinggi. 

Demikian ulasan tentang ragam pilihan obat diare yang ampuh untuk anak. Ingat ya Bunda, jika setelah diberi obat alami ini diare Si Kecil tak kunjung mereda (atau lebih dari 2 hari), segera konsultasi ke dokter.

(fir/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!