sign up SIGN UP search


parenting

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Mulai dari Portugis hingga Jepang

Kinan   |   Haibunda Jumat, 16 Sep 2022 21:55 WIB
Beautiful young mother with her daughter celebrating indonesia independence day by raising flag under the sunset sky Ilustrasi 6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Mulai dari Portugis hingga Jepang. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Belanda menjadi salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia paling dikenal. Namun, sebenarnya ada lima negara lain yang juga pernah menjajah Tanah Air, lho.

Ya, sebelum memproklamasikan kemerdekaan di tahun 1945, Indonesia setidaknya secara total pernah dijajah oleh enam negara. Beberapa negara yang pernah menjajah Indonesia di antaranya Portugis, Spanyol, Belanda, Prancis, Inggris, dan Jepang.

Setiap negara memiliki alasan penjajahan masing-masing. Ada yang ingin menguasai sumber daya alam, ada pula yang membangun lahan bisnis besar.


Daftar negara yang pernah menjajah Indonesia

Untuk lebih memahami apa saja daftar negara yang pernah menjajah Indonesia, berikut ulasan lengkap yang dapat Bunda pelajari bersama Si Kecil seperti dilansir berbagai sumber:

1. Portugis (1509-1595)

Portugis menjadi negara pertama yang pernah menjajah Indonesia, tepatnya pada sekitar tahun 1509-1595. Pada awalnya, Portugis sudah memiliki jaringan perdagangan di Malaka.

Namun, mereka kemudian mencari daerah kaya rempah-rempah lainnya di Indonesia, yang selanjutnya ditemukan di Maluku. Setelah meminta izin kerja sama, pada akhirnya Portugis justru melanggar kesepakatan dan malah menerapkan sistem monopoli.

Saat situasi mulai memanas, penjajah dari Belanda tiba-tiba datang ke Indonesia. Memanfaatkan kondisi perang, Belanda turut melawan Portugis sampai akhirnya mereka pergi dari Nusantara.

Dikutip dari buku Konsep Dasar IPS untuk SD/MI oleh Yulia Siska, MPd, pada masa penjajahan Portugis perekonomian Indonesia tidak banyak mengalami perubahan. Ini karena waktu Portugis menjajah tidak lama akibat kekalahannya oleh Belanda untuk menguasai Indonesia.

2. Spanyol (1521-1529)

Di tengah penguasaan Indonesia oleh Portugis, Spanyol juga turut datang ke Maluku dan bersekutu dengan Kerajaan Tidore.

Kedatangan Spanyol membuat Portugis merasa posisinya terancam, meskipun sebenarnya wilayah jajan mereka berbeda. Kemudian, perlawanan antarkeduanya pun tak bisa dihindari.

Setelah berdamai melalui Perjanjian Saragosa pada tahun 1529, Spanyol kemudian meninggalkan Maluku.

3. Belanda (1602-1942)

Negara yang pernah menjajah Indonesia berikutnya yakni Belanda, dengan periode paling lama (selama sekitar 350 tahun). Sama seperti Portugis, alasan penjajahan ini yakni menguasai wilayah penghasil rempah-rempah.

Setelah mengalahkan Portugis dan membuatnya angkat kaki, Belanda mendirikan perusahaan dagang bernama Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) pada 1602.

Berikutnya, Belanda tak hanya ingin menguasai sumber daya alam Indonesia, tetapi juga rakyatnya. Salah satu kebijakan pemanfaatan ini yaitu sistem tanam paksa.

Kebijakan yang memiliki nama lain cultuurstelsel ini berisi tentang aturan penguasaan tanah, hingga hasil panen untuk Belanda. 

Simak lanjutan ulasan tentang negara yang pernah menjajah Indonesia di halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton juga video gaya parenting orang tua di Jepang yang bisa Bunda tiru:

[Gambas:Video Haibunda]



NEGARA YANG MENJAJAH INDONESIA: PRANCIS HINGGA JEPANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!