sign up SIGN UP search


parenting

5 Cara Memilih Susu Anak yang Bagus untuk Tumbuh Kembangnya di Atas 2 Tahun

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 18:10 WIB
background for baby and pregnancy concept caption
Jakarta -

Ketika Si Kecil memasuki usia dua tahun, ada beberapa pertimbangan Si Kecil diberikan susu formula. Namun, masih ada orang tua yang cemas mencoba susu formula karena takut akan mengganggu pencernaannya.

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya mengalami masalah pencernaan. Karena itu, Bunda tidak boleh asal dalam memilih susu formula untuk anak.

Ada banyak hal yang perlu Bunda perhatikan saat memilih susu formula untuk Si Kecil. Namun, ada beberapa bahan yang mungkin tidak cocok pada Si Kecil.


Cara memilih susu anak yang bagus

Sebelum membeli susu formula yang baik untuk Si Kecil, ada beberapa tips memilih susu yang perlu Bunda ketahui, nih. Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya seperti dilansir berbagai sumber:

1. Konsultasikan pada dokter

Di usia yang masih dini, Bunda mungkin tidak menyadari adanya alergi yang dimiliki oleh anak. Terlebih saat Bunda ingin mencoba produk-produk baru yang akan masuk ke dalam tubuhnya.

Sebaiknya, Bunda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum membeli susu formula, ya. Dokter juga mungkin akan memberikan rekomendasi susu yang baik untuk Si Kecil.

2. Lihat daftar bahan-bahan

Mengutip laman Healthline, protein, kerbohidrat, dan lemak merupakan 98 persen kandungan dari susu formula bayi, Bunda. Protein dan karbohidrat memiliki dampak paling besar pada kenyamanan bayi saat mencernanya.

Bunda harus memperhatikan bagian label rumus pada kotak susu formula dan perhatikan bahan-bahan yang digunakan dengan baik. Fokus pada beberapa bahan pertama sebelum daftar vitamin dan mineral 'kurang dari 2 persen'. Beberapa bahan pertama akan memberitahu Bunda jenis protein dan karbohidrat yang digunakan.

3. Prioritaskan kandungan protein

Saat memilih susu formula, prioritaskan protein terlebih dahulu, Bunda. Mengutip dari Healthline, protein adalah faktor yang paling mungkin mempengaruhi pencernaan dan kenyamanan pada pencernaan.

4. Hati-hati dengan merek generik

Beberapa merek generik susu formula sebagian menggunakan campuran protein terhidrolisir dan protein ukuran penuh sehingga lebih sulit dicerna oleh bayi. Meskipun harganya jauh lebih hemat dan formula yang sama, kualitasnya tetap berbeda, Bunda.

Ilustrasi anak minum susu atau alergi susuIlustrasi Cara Memilih Susu Anak yang Bagus/Foto: Getty Images/iStockphoto/kuppa_rock

5. Ganti merek ketika anak sembelit

Kalau Si Kecil menderita sembelit usai mengonsumsi susu formula tertentu, Bunda bisa konsultasi pada dokter untuk mengganti susu formula ke susu yang tidak mengandung minyak sawit.

Minyak sawit bisa menyebabkan feses bayi menjadi lebih keras. Dengan begitu, kondisi sembelit akan lebih meningkat.

Untuk Bunda yang bingung memilih susu formula untuk Si Kecil yang kini berusia dua tahun, klik baca halaman berikutnya untuk melihat beberapa rekomendasi susu formula, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa simak juga video benarkah susu formula bisa sebabkan gigi anak hitam dan rusak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



REKOMENDASI SUSU FORMULA UNTUK ANAK DI ATAS 2 TAHUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!