sign up SIGN UP search


parenting

10 Ide Menu Bekal Anak Sekolah Anti Bosan, Salah Satunya Onigiri

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 11 Sep 2022 09:00 WIB
lunch of demon caption
Jakarta -

Akhir-akhir ini banyak para Bunda yang membagikan menu bekal sekolah Si Kecil, Bunda. Hebatnya lagi, para Bunda ini membuat bekal dengan bentuk yang unik sehingga Si Kecil semangat saat menyantapnya.

Bagi kebanyakan orang dewasa, waktu makan siang biasanya hanya digunakan untuk menyantap salad, nasi, dan ayam goreng, atau bahkan roti lapis. Namun, ternyata makan siang menjadi waktu yang sangat dinantikan oleh Si Kecil bersama teman-temannya,

Membuat bekal makan siang untuk Si Kecil di sekolah harus menggunakan kreativitas nih, Bunda. Hal ini dilakukan agar Si Kecil enggak bosan saat menyantapnya.


Meski begitu, pastikan bekal makan siangnya tetap memiliki gizi dan nutrisi yang seimbang. Dengan begitu, Bunda enggak perlu takut kebutuhan harian mereka tidak tercukupi.

Ide menu bekal anak sekolah

Ada beberapa ide menu bekal anak sekolah yang bisa Bunda coba di rumah, nih. Melansir berbagai sumber, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretan menunya:

1. Mac n cheese

Perpaduan antara makaroni dan keju menjadi salah satu menu andalan Bunda untuk bekal anak sekolah, nih. Di dalamnya, Bunda juga bisa menambahkan bahan tambahan lainnya seperti sosis atau telur.

2. Klasik salad

Bunda ingin coba makanan yang lebih sehat untuk anak? Kalau begitu, klasik salad cocok untuk dijadikan menu bekal makan siang, nih.

Mengutip laman Eating Well, menu klasik salad bisa menjadi pilihan makan siang karena semuanya terbuat dari bahan yang sehat. Mulai dari sayuran, ayam, telur, daging, hingga alpukat, yang disusun secara terpisah.

Bunda bisa mengemas semuanya dalam satu tempat makan yang bersekat untuk dibawa ke sekolah. Pastikan setiap bahan makanan tidak menempel, ya. Ini bisa menjadi pilihan saat anak adalah seorang yang picky eater.

3. Bekal mediterania

Bekal sekolah ala mediterania berisi berbagai menu makan siang yang sehat dan bergizi. Di dalamnya terdapat salad Yunani, buah-buahan, dan sebagainya. Masukkan semuanya ke dalam kotak bekal sehingga anak dengan mudah memakannya.

4. Fish stick

DilihatĀ Taste of Home, seorang ahli gizi bernama Jennifer Rowland, menjelaskan bahwa bekal berbahan ikan sangat baik untuk perbaikan gizi. Ia pun membuat fish stick yang bentuknya menyerupai tempura.

Menu ini juga cocok dijadikan bekal makan siang anak, lho. Bagian luarnya renyah dan lembut di dalam. Untuk kelengkapan gizi anak, Bunda bisa tambahkan kentang goreng, sayuran, dan saus tartar rendah lemak.

5. Onigiri

Cute bear's lunch boxIlustrasi Ide Menu Bekal Anak Sekolah/Foto: Getty Images/iStockphoto/yajimannbo

Onigiri adalah nama Jepang untuk bola nasi yang biasanya diletakkan di dalam kotak bento, Bunda. Biasanya onigiri dibuat dengan bentuk bulat atau segitiga, kemudian dibungkus dengan nori atau rumput laut kering.

Untuk bekal sekolah, Bunda bisa mencoba bentuk lainnya, nih. Misalnya saja panda, anak kucing, hingga kelinci. Potong-potong nori dan letakkan di bagian wajah hewan hingga menyerupai mata atau hidungnya.

Dirangkum The Spruce Eats, Bunda juga boleh mengisi onigiri dengan berbagai isian. Misalnya saja ayam, kepiting, hingga ikan tuna.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat ide bekal sekolah anak yang lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip juga video resep bayam gulung cumi untuk bekal Si Kecil berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



IDE BEKAL SEKOLAH ANAK YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!