sign up SIGN UP search


parenting

3 Langkah Penting agar Bunda dan Ayah Mantap Sekolahkan Anak di Pesantren

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 12:04 WIB
Ilustrasi ibu dan anak berdoa Ilustrasi berdoa/Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Jakarta - Apakah Bunda masih merasa ragu ingin menyekolahkan Si Kecil ke pesantren atau tidak? Saat merencanakan mengirim anak ke pesantren, tentu ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan, ya Bunda.

Apalagi dengan adanya kasus mengenai kejahatan seksual baru-baru ini yang menimpa beberapa siswi di pesantren, tentu Bunda dan Ayah menjadi khawatir dan ragu.

Hampir sebagian besar orang tua pastinya sempat merasa kurang yakin ketika ingin mengirim anaknya ke pesantren. Jangan khawatir, ya Bunda, ini adalah hal yang normal kok.


Mungkin ada beberapa alasan yang menjadi keraguan Bunda dan Ayah untuk mengirim Si Kecil ke pesantren. Misalnya, setelah melihat berita tentang kejahatan seksual yang terjadi di pesantren yang terjadi beberapa waktu lalu.

Dengan adanya berita tersebut, mungkin sebagian besar orang tua merasa ragu untuk mengirim anaknya ke pesantren karena khawatir dengan risiko adanya kejahatan seksual, penyimpangan sosial, ajaran agama yang sesat, dan beragam alasan lainnya.

Namun, jangan khawatir Bunda, tidak semua pesantren seperti itu kok. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Bunda lakukan jika ingin mengirim Si Kecil ke pesantren sekaligus mengatasi keraguan Bunda dan Ayah.

Banner Pencerah Wajah KusamBanner Pencerah Wajah Kusam/ Foto: HaiBunda/Mia

1. Mencari informasi tentang pesantren

"Sebelum mengirim anak ke pesantren, lebih baik orang tua mencari tahu terlebih dahulu mengenai pesantren yang akan dijadikan Si Kecil tempat menuntut ilmu. Bagaimana dengan lingkungan pesantren tersebut? Bagaimana kegiatan sehari-harinya setiap pagi hingga malam hari? Apa saja program yang dijalankan? Bagaimana pola asuhnya? Apa saja tata tertibnya? Dan yang paling penting adalah memastikan apakah pernah terjadi penyimpangan sosial atau tidak?" tutur anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP 'Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.

Dengan memastikan beberapa hal tersebut, Bunda dan Ayah dapat merencanakannya lebih baik sehingga tidak terjadi keraguan ketika mengirim Si Kecil menuntut ilmu ke pesantren.

Klik halaman berikutnya ya Bunda.

Saksikan juga video tentang 7 tips parenting untuk anak generasi alpha di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MENGATASI KERAGUAN ORANG TUA MENGIRIM ANAK KE PESANTREN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!