sign up SIGN UP search


parenting

Imunisasi PCV Diberikan Gratis Mulai 12 September, Ini Pentingnya untuk Anak

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 14 Sep 2022 15:50 WIB
Vaccine, Vaccination Hepatitis B virus for child baby. Doctors vaccinate the thighs of children Ilustrasi Imunisasi PCV Diberikan Gratis Mulai 12 September, Ini Pentingnya untuk Anak. Foto: Getty Images/iStockphoto/comzeal
Jakarta -

Saat baru lahir, bayi harus mendapatkan berbagai macam imunisasi untuk mencegah terserang penyakit di kemudian hari, Bunda. Salah satu imunisasi yang penting diberikan pada Si Kecil adalah imunisasi PCV atau pneumococcal conjugate vaccine.

Dilihat laman Instagram @kemenkes_ri, pemerintah mulai mencanangkan imunisasi PCV untuk seluruh anak dan balita di Indonesia mulai dari 12 September 2022, Bunda. Tujuan dari diberikannya imunisasi ini sendiri adalah untuk mencegah anak terjangkit virus berbahaya penyebab pneumonia.

"Tujuannya untuk melindungi dan mencegah anak dari bahaya penyakit pneumonia atau radang paru, yang menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi bagi anak-anak dan balita di dunia," tulis Instagram Kemenkes dikutip pada Rabu (14/9/2022).


Imunisasi PCV diberikan secara gratis

Lebih lanjut, Kemenkes menegaskan imunisasi PCV ini akan diberikan kepada seluruh anak dan balita Indonesia secara gratis di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat dan telah dipastikan aman, bermutu, serta berkhasiat.

Kemenkes juga mengungkapkan pemberian imunisasi PCV ini merupakan bagian dari transformasi kesehatan pilar pertama dan layanan primer yang fokus pada upaya pencegahan penyakit pneumonia demi mewujudkan Indonesia sehat.

Meski begitu, penyebab utama dari pneumonia adalah bakteri pneumokokus yang telah diidentifikasi pada 49,5 persen kasus di Indonesia.

Pelaksanaan imunisasi PCV

Pelayanan imunisasi PCV dilakukan di posyandu, puskesmas, maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya yang memberikan layanan imunisasi, Bunda.

Pemberian imunisasi PCV dilakukan sebanyak tiga dosis. Dosis pertama diberikan pada saat anak berusia dua bulan, dosis kedua di usia 3 bulan, dan dosis ketiga pada saat usia 12 bulan.

Bunda juga tak perlu lagi khawatir dengan imunisasi PCV yang diberikan kepada Si Kecil, ya. Imunisasi ini telah direkomendasikan oleh WHO serta lulus uji dari BPOM.

Lantas seberapa penting imunisasi PCV ini untuk anak ya, Bunda? Simak penjelasannya di laman berikutnya, yuk.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip lagi video fakta seputar imunisasi anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PENTINGNYA IMUNISASI PCV UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!