sign up SIGN UP search


parenting

Kabar Gembira Bun, Vaksin PCV Mau Dimasukkan dalam Subsidi Pemerintah?

Annisa Karnesyia Rabu, 06 Jan 2021 13:28 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru saja merilis jadwal imunisasi untuk anak usia 0-18 tahun, Bunda. Seperti kita tahu, pemberian imunisasi dengan vaksin bisa mulai dilakukan sejak bayi lahir.

Pemberian vaksin pada anak dapat disesuaikan dengan usianya. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui jenis vaksin yang harus diberikan sesuai jadwal.

Nah, pada jadwal imunisasi 2020, ada total 15 vaksin yang bisa diberikan pada si kecil. Dalam rekomendasi ini sudah tidak ada lagi pengelompokan vaksin wajib dan tidak wajib.


"Sudah tidak ada lagi vaksin wajib dan non wajib. Jadi, semua yang ada di jadwal IDAI ini adalah vaksin yang sangat dianjurkan," kata owner Rumah Vaksinasi Bogor, dr.Tafdhila Rahmaniah, dalam Live Instagram HaiBunda, Selasa (5/1/2021).

Dari 15 vaksin, ada 6 vaksin yang mendapatkan subsidi pemerintah. Artinya, keenam vaksin ini bisa gratis didapatkan di fasilitas pemerintah, seperti puskesmas dan posyandu.

"Vaksin sebenarnya bisa didapatkan gratis di puskesmas atau posyandu. Ada enam vaksin yang disubsidi pemerintah, yakni Hepatitis B, Polio, BCG (Tuberkulosis), DPT (Difteri, Tetanus, Pertusis), Hib (Influenza Tipe B), dan MR (campak dan rubella)," ujar wanita yang akrab disapa Dila ini.

Selain keenam vaksin itu, Bunda diharuskan membayar vaksin lain untuk imunisasi anak. Sejauh ini, vaksin-vaksin berbayar hanya bisa didapatkan di rumah sakit atau klinik dokter saja.

Salah satu vaksin berbayar yang penting diberikan untuk anak adalah PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine). Vaksin ini ditujukan untuk mencegah anak terkena penyakit pneumonia.

Meski cukup penting, vaksin PCV termasuk mahal, Bunda. Di rumah sakit, harga vaksin PCV berkisar Rp400 ribu sampai Rp1,2 juta lho.

Seberapa penting vaksin PCV diberikan untuk anak? Lalu benarkan vaksin PCV akan segera disubsidi pemerintah alias gratis?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Simak juga risiko yang dialami anak karena tidak menerima imunisasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19
(ank/rap)
Vaksin PCV akan disubsidi pemerintah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi