sign up SIGN UP search


parenting

Kisah Calista Jadi Lulusan Termuda Fakultas Kedokteran UB, Wisuda di Usia 18 Tahun

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 19 Sep 2022 12:42 WIB
Ilustrasi lulus kuliah wisuda pendidikan beasiswa Ilustrasi Kisah Calista Jadi Lulusan Termuda Fakultas Kedokteran UB, Wisuda di Usia 18 Tahun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Liliboas
Jakarta -

Nama Calista Felicia Ghaydaqila baru-baru ini sempat ramai dibicarakan di media sosial. Hal ini lantaran dirinya menjadi salah satu wisudawan termuda di Prosesi Wisuda Universitas Brawijaya (UB) pada Periode I Tahun 2022.

Dengan perjuangannya mencapai cita-cita, Calista berhasil mendapatkan gelar sarjana kedokteran di usianya  yang terbilang masih muda, yaitu 18 tahun. Selain itu, Calista juga lulus dengan IPK yang sangat memuaskan, yakni 3.64, Bunda.

Melalui Instagram resmi Universitas Brawijaya @univ.brawijaya. Calista disebut sebagai wisudawan termuda di antara 1.023 lulusan dari seluruh program Vokasi, Sarjana, hingga Pascasarjana UB yang digelar pada Sabtu (17/9/2022).


Nah, Bunda penasaran bagaimana kisah Calista yang bisa meraih gelar sarjana kedokteran di usia 18 tahun? Yuk, simak kisahnya berikut ini, ya, Bunda.

Mulai sekolah di usia 4 tahun

Ternyata Calista sudah memulai jenjang pendidikan sekolah dasarnya sejak usia 4 tahun, lho, Bunda. Setelah mengenyam 6 tahun pendidikan dasar, dirinya pun melanjutkan ke jenjang SMP hingga SMA.

Kemudian, Calista mengikuti program akselerasi dan berhasil menamatkan pendidikan menengahnya hanya dalam jangka waktu 4 tahun.

"Calista masuk ke program akselerasi di SMPN 3 Tangerang Selatan dan di SMAN 2 Tangerang Selatan. Dari sekolah tersebut, Calista mampu menyelesaikan pendidikan selama 2 tahun," kata Calista dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (18/9/2022).

Setelah itu, Calista berhasil lulus sekolah di usia 14 tahun dan dinyatakan lolos menjadi mahasiswa baru Jurusan Kedokteran UB melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Mencari waktu efektif untuk belajar

Selain itu, Calista juga membagikan tipsnya seputar mencari waktu yang efektif untuk belajar, lho. Dirinya mengaku bukan termasuk tipe mahasiswa yang selalu memaksakan diri untuk belajar.

“Jadi, saya bukan tipe yang memaksakan diri untuk belajar. Saya hanya memanfaatkan waktu yang efektif untuk belajar,” kata Calista.

Calista mengatakan belajar di waktu efektif sangatlah penting dalam mencerna materi yang akan dipelajari. Dirinya juga mengakui akan berhenti belajar bila sudah mulai merasa lelah.

“Misalkan saya belajar di pukul 03.00 dan kalau sudah lelah tidak akan saya lanjutnya. Kalau saya paksakan malah hanya lewat-lewat saja apa yang saya pelajari,” kata Calista.

Lalu, apa cita-cita yang ingin dicapai Calista? BACA SELENGKAPNYA DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video gaya parenting yang diterapkan ibunda Cinta Laura agar anak cerdas:

 

[Gambas:Video Haibunda]



(asa/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!