sign up SIGN UP search


parenting

5 Obat Batuk Kering Anak yang Alami, Lembabkan Udara hingga Posisi Bantal

Meita Fajriana   |   Haibunda Selasa, 27 Sep 2022 19:35 WIB
Ilustrasi anak batuk kering dan pengobatannya di rumah caption

Ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan batuk kering pada anak. Sebagian besar batuk pada anak disebabkan karena flu. Biasanya kondisi ini tidak berbahaya, namun Bunda perlu mencari bantuan dan pertolongan jika batuk menjadi kronis.

Untuk itu perlu bagi Bunda mencari tahu cara mengatasi batuk kering pada Si Kecil agar terhindar dari permasalahan kesehatan yang lebih serius. Yuk simak terus penjelasan tentang apa saja yang menyebabkan batuk kering pada anak-anak, cara mengobatinya, dan kapan harus ke dokter Bunda.

Penyebab dan pengobatan batuk kering pada anak

Batuk adalah mekanisme pertahanan alami yang digunakan tubuh untuk membersihkan jalan napas dan menghilangkan mikroba dan benda asing.


Salah satunya batuk kering atau disebut juga batuk nonproduktif. Batuk kering dapat menghilangkan rasa gatal atau iritasi di tenggorokan. Batuk ini biasanya merupakan gejala dari kondisi yang mendasari di saluran pernapasan bagian atas.

Banyak hal yang dapat menyebabkan batuk kering pada anak, dan pengobatannya tergantung dari penyebabnya Bunda. Memperhatikan gejala lain yang menyertai batuk dapat membantu mengidentifikasi penyebabnya.

Dalam beberapa kasus, Bunda dapat membantu mencegah batuk kering dengan melakukan tindakan pencegahan, seperti memberikan anak vaksinasi yang tepat atau menghindari paparan alergen atau iritasi. Jika seorang anak merasa kesulitan bernapas ketika batuk kering, Bunda harus segera menghubungi layanan darurat ya.

"Jika seorang anak memiliki kondisi mendasar yang diketahui, mengobati kondisi itu akan membantu batuknya sembuh. Namun, jika Anda tidak mengetahui apa yang menyebabkan batuk, atau anak mengalami demam tinggi atau gejala lainnya, mereka harus membawa anak tersebut ke dokter," kata Karen Gill dokter anak yang berbasis di Amerika Serikat dikutip dari laman Medical News Today beberapa waktu lalu.

Sick 3 years old girl coughing in bedIlustrasi anak batuk kering/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ozgurcankaya

Tips untuk melegakan tenggorokan anak saat batuk kering

Perlu beberapa waktu untuk mengetahui penyebab batuk kering pada anak-anak Bunda. Pengobatannya pun akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya, sehingga Bunda perlu mengobservasinya selama beberapa waktu. Namun, untuk memberikan rasa nyaman di tenggorokan Si Kecil saat mengalami batu kering, Bunda bisa melalukan beberapa hal berikut ini. 

1. Hirup udara hangat dan lembab

Nyalakan pancuran di kamar mandi Anda dan tutup pintunya, biarkan ruangan mengeluarkan uap. Duduklah bersama anak Anda selama sekitar 20 menit saat mereka menghirup kabut hangat.

2. Gunakan alat pembersih udara

Jika udara di rumah Bunda kering, itu juga dapat mengeringkan saluran udara anak lho, Bunda. Coba gunakan alat pembersih udara untuk menambah kelembapan udara. 

3. Minumlah cairan hangat

Cairan hangat bisa terasa menenangkan jika tenggorokan anak sakit karena batuk. Jika anak berusia setidaknya satu tahun, Bunda dapat menambahkan madu untuk menambah kelegaan.

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga penjelasan apakah anak batuk butuh antibiotik? Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT BATUK KERING YANG LEBIH ALAMI UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!