sign up SIGN UP search


parenting

Ini Penyebab Lidah Bayi Putih dan Cara Membedakan dengan Sariawan

Meita Fajriana   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 20:22 WIB
Ini Penyebab Lidah Bayi Putih dan Cara Mengatasinya Ilustrasi Ini Penyebab Lidah Bayi Putih dan Cara Mengatasinya. Foto: Getty Images/iStockphoto/Regina Burganova
Jakarta -

Lidah putih cukup umum dialami bayi baru lahir. Penyebabnya adalah sisa susu, tetapi bisa juga merupakan gejala sariawan, Bunda.

Bayi yang baru lahir cenderung memiliki penumpukan susu di lidah mereka. Hal ini karena bayi tidak menghasilkan air liur sebanyak anak-anak yang lebih besar. Jumlah air liur yang hanya sedikit tidak dapat membersihkan sisa susu di lidah bayi secara sempurna, Bunda.

Selain kekurangan air liur, penumpukan sisa susu lebih mungkin terjadi jika bayi Bunda mengalami tongue tie, yaitu suatu kondisi yang membatasi pergerakan lidahnya. Lidah bayi tidak dapat menyentuh langit-langit mulutnya, sehingga kurangnya gesekan menyebabkan penumpukan residu susu.


Kondisi tersebut juga dapat terjadi jika bayi memiliki langit-langit mulut yang tinggi dan lidahnya tidak dapat mencapai langit-langit mulutnya.

Namun, kondisi putih di lidah bayi baru lahir juga bisa merupakan sariawan, Bunda. Sariawan adalah infeksi jamur yang tumbuh di mulut paling umum pada bayi dan anak-anak.

Penyebab lidah bayi putih

Pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut Candida ini menyebabkan sariawan di mulut Si Kecil. Kondisi ini tentu akan membuat para Bunda merasa khawatir. 

Melansir dari laman Healthline, lidah putih pada bayi bukanlah hal yang membahayakan. Kondisi lidah putih pada bayi ini biasanya disebabkan oleh pertumbuhan ragi atau jamur yang berlebihan.

Hal tersebut bisa juga dipicu oleh residu atau sisa susu, karena Si Kecil di awal kehidupannya minum susu dengan intens. Kondisi ini dapat diobati, sehingga bayi merasa nyaman.

"Dua hal yang dapat menyebabkan lidah bayi tampak putih, yaitu sariawan dan sisa susu. Keduanya dapat membuat lapisan putih tebal di lidah bayi," kata Jonathan B. Jassey dokter anak yang berbasis di New York, Amerika Serikat, dikutip dari laman Verywell Family

"Pada bayi yang sehat, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Meskipun sariawan bisa saja menimbulkan infeksi, tetapi bisa diobati," lanjutnya.

Meski tidak berbahaya, kondisi lidah putih pada bayi, baik itu disebabkan oleh sisa susu ataupun sariawan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mulut Si Kecil. Untuk itu perlu bagi Bunda mencari tahu bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya. Simak penjelasan berikut ini yuk Bunda. 

Pengobatan sariawan pada mulut bayi

Apapun jenis infeksi pada bayi baru lahir tentu menyebabkan berbagai kekhawatiran. Namun, sariawan bayi adalah salah satu infeksi jamur yang umum terjadi dan mudah diobati.

Untuk mengobatinya, Bunda bisa membawa Si Kecil ke dokter. Dokter anak akan meresepkan obat berbentuk gel untuk sariawan. Obat tersebut nantinya akan dioleskan ke semua area mulut bayi yang terdapat sariawan, termasuk gusi, lidah, dan langit-langit mulut, beberapa kali sehari sesuai anjuran dokter. 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video cara membersihkan lidah putih bayi berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
PERAWATAN LIDAH PUTIH BAYI AKIBAT SISA SUSU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!