sign up SIGN UP search


Bulan 6

Bulan 7

Bulan 8
fase-anak

Bayi Bunda Mulai Tumbuh Gigi

Berat 7,6 - 8,3 kg
Tinggi 67,3 - 69,2 cm

Selain sudah bisa duduk dan mulai belajar merangkak, anak usia 7 bulan juga menunjukkan fase penting dalam tumbuh kembangnya, yakni:

Tumbuh gigi
Pada fase ini, sebagian anak akan mulai tumbuh gigi pertama. Saat sedang tumbuh gigi, biasanya si kecil akan merasa gusinya gatal atau sakit, sehingga membuatnya merasa enggak nyaman dan jadi sering menangis dan rewel.

Suka meraih mainan
Si kecil suka meraih mainan dan benda yang diinginkan. Mereka juga mulai bermain dengan mainannya, dan akan marah jika mainannya diambil.

Bisa membedakan orang
Pada usia ini, si kecil sudah bisa membedakan orang-orang yang dikenal dan tidak. Mereka akan mulai merasa cemas jika ditinggal ibunya atau berada di tengah orang asing.

Kemampuan lain
Si kecil suka mengamati benda di sekitarnya, banyak tersenyum dan tertawa ketika diajak bicara, Bun. Mereka juga bisa menggabungkan lebih dari satu suku kata dan mulai mengerti jika Bunda mengatakan jangan atau tidak.



Bunda Jangan Lupa
  • Periksa ke Dokter Jika mengalami masalah dalam perkembangan dan kesehatan si kecil, di antaranya tidak merespons komunikasi atau suara, belum tertawa dan berat badannya tidak bertambah.
  • Pastikan Waktu Tidur Anak Anak usia ini sebaiknya tidur sekitar 14 jam, dengan 9 sampai 11 jam setiap malam dan 3 sampai 4 jam di siang hari. Waktu tidur di siang hari bisa dibagi menjadi dua kali.
  • Penuhi Gizi Selain ASI dan atau susu formula, penuhi kebutuhan gizinya dengan MPASI. Pastikan kebutuhan vitamin B12 dan D, roboflavin, zinc dan kalsium terpenuhi untuk mendukung perkembangannya. Selain anak, Bunda juga mengonsumsi makanan bernutrisi demi kesehatan.

Bunda Baiknya
  • Tetap berikan ASI ASI untuk memenuhi nutrisinya. Selain itu, karena sudah diberikan MPASI, kenalkan anak dengan peralatan makan yang aman dan biarkan anak menggunakan empeng untuk membantu pertumbuhan gigi.
  • Pastikan Lingkungan Anak Aman Selain memastikan tempatnya beraktivitas aman, pastikan juga tidak ada barang berisiko di tempat tidur si kecil.
  • Bantu Stimulasi Anak Terus berkomunikasi dengan anak dengan suara jelas dan berbeda-beda. Selain itu, mulai bantu anak berdiri agar tubuh mampu menopang berat badannya.

Apa Bunda Merasakan
  • Anak Rewel dan Cemas Anak rewel dan tidurnya terganggu karena gigi mulai tumbuh. Untuk menenangkannya, beri kain waslap dingin pada gigi yang tumbuh atau mainan plastik untuk digigit. Sementara rasa cemas terjadi saat berpisah dari orang tuanya.
  • Anak Alergi Jika anak menunjukkan tanda-tanda alergi akibat makanan yang dikonsumsinya, seperti gatal-gatal atau muntah, segera ke periksakan ke dokter.
  • Bunda Sakit Saat Berhubungan Seks Ini dapat disebabkan oleh luka pasca persalinan. Coba konsultasikan ke dokter untuk mengatasinya bila sakit tak kunjung reda.

Tumbuh kembang anak bulan ke-7, sudah bisa duduk dan merangkak. Selain itu, gigi pertamanya juga akan mulai tumbuh. Si Kecil juga sudah bisa membedakan orang-orang di sekitarnya.