sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Perlu Tahu, Ini Penyebab Lidah Putih pada Bayi

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 14 Jul 2021 10:03 WIB
ilustrasi lidah bayi caption

Jakarta - Kondisi lidah putih pada bayi sering kali dialami banyak bayi terutama yang masih menyusu. Lalu, apakah benar lidah putih pada bayi tersebut memang disebabkan susu yang menempel? Cari tahu yuk, Bunda.

Pada hari-hari setelah si kecil lahir, beberapa Bunda mungkin pernah menemukan adanya kondisi lidah bayi yang terlihat putih setelah disusui. Banyak yang mengasumsikan bahwa penyebab umumnya ialah adanya penumpukan susu.

Bayi memang tidak memiliki air liur sebanyak anak-anak yang lebih besar dan orang dewasa sehingga terdapat lebih sedikit cairan di mulut mereka untuk membersihkan susu dari lidah.


Selain itu, Bunda juga perlu mewaspadai bahwa beberapa bayi baru lahir juga kerap mengalami sariawan yang merupakan infeksi jamur paling umum pada bayi dan anak-anak. Pertumbuhan berlebih dari jamur yang disebut candida bisa menyebabkan sariawan. 

Beberapa bayi baru lahir sangat mungkin terkena candida, jamur yang sama yang ditemukan pada infeksi jamur selama proses kelahiran. Kondisi itu muncul pada mulut berupa bercak putih di bibir, lidah, atau pipi bagian dalam yang disebut sariawan. Jika bayi menderita sariawan, perawatan oleh dokter diperlukan.

Berbicara mengenai lidah putih pada bayi memang pada umumnya hanyalah karena adanya penumpukan susu sehingga Bunda pun perlu lebih memperhatikan kesehatan mulut bayi agar tetap terjaga.

"Membersihkan sisa susu atau partikel makanan dapat membantu mencegah penumpukan bakteri yang berpotensi menyebabkan penyakit gusi," ujar Preetika Chandna, seorang dokter gigi anak dan peneliti yang mempelajari kesehatan mulut bayi, seperti dikutip dari laman Insider.

Untuk itu, Bunda pun perlu secara rutih membersihkannya terutama usai mereka menyusu. Dengan begitu, tidak akan terjadi penumpukan yang bisa menjadi masalah di kemudian hari ya Bunda.

Klik di halaman selanjutnya yuk, Bunda.

Untuk tahu cara tepat membersihkan lidah bayi, simak video berikut yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



BUNDA PERLU TAHU, INI PENYEBAB LIDAH PUTIH PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi