sign up SIGN UP search

parenting

5 Perkembangan Motorik Bayi Usia 5 Bulan, Berguling hingga Memindahkan Barang

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 04:00 WIB
Lovely baby caption
Jakarta -

Bayi yang berusia lima sampai enam bulan akan menjadi lebih aktif dan mempelajari lebih banyak hal. Di usia ini, mereka juga bisa mengetahui perbedaan antara orang tua, pengasuh, orang asing, orang dewasa, serta anak-anak.

Di usia ini pula bayi memiliki ketertarikan dengan Bunda dan anggota keluarga lainnya serta pengaruh mereka. Mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama orang yang mereka kenal.

Bayi lima bulan akan menjadi lebih aktif, Bunda. Pada usia ini, bayi sudah lebih profesional dalam hal menangis, makan, buang air besar, dan tidur. Meski begitu, yang terpenting adalah Bunda juga sudah bisa melihat lebih banyak seperti apa pola perilaku mereka.


Pola makan bayi juga mulai berubah. Bayi lima bulan yang disusui biasanya akan menyusu selama lima atau enam kali sehari. Namun, rasa laparnya tidak selalu bisa diprediksi, sehingga bisa saja bayi menyusu lebih sering dan lebih lama.

Selain perkembangan pola makan dan tidur, bayi berusia lima bulan juga akan menunjukkan perkembangan motorik. Perkembangan ini berpengaruh pada kontrol gerakan-gerakan tubuh melalui berbagai kegiatan yang terkoordinasikan antara susunan saraf pusat, saraf, dan otot.

Perkembangan motorik bayi berusia 5 bulan

Usia lima bulan juga menjadi usia di mana Si Kecil mengembangkan kemampuan motoriknya. Melansir dari laman Verywell Mind, berikut ini beberapa deret perkembangan motorik bayi usia lima bulan:

1. Berguling

Bayi biasanya sudah mulai bisa berguling di usia lima bulan, Bunda. Mereka dapat berguling dengan dua cara yang berbeda yakni perut ke belakang dan punggung ke perut.

Bunda mungkin melihat anak hanya membalikkan bahu kanan atau bahu kirinya. Setelah gerakan ini mereka kuasai, mereka bisa berguling dengan lebih aktif.

2. Mengangkat kepala

Anak usia lima bulan mulai mendapatkan kemampuan untuk mengangkat kepala mereka tanpa penyangga, Bunda. Mereka juga bisa menahan beban di kaki saat berdiri.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat perkembangan motorik bayu usia 5 bulan lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa intip lagi video 7 hal yang bisa dilakukan bayi 3 bulan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
PERKEMBANGAN MOTORIK BAYI LIMA BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!