sign up SIGN UP search

parenting

Ingin Anak Sukses di Masa Depan? Ini Kemampuan yang Perlu Diajarkan Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Minggu, 20 Nov 2022 04:00 WIB
Asian mother and  daughter doing homework at home. The school has been closed during coronavirus outbreak and the classes have moved to e-learning platform. caption
Jakarta -

Setiap orang tua pasti ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sukses. Sayangnya, hal ini tak semudah membalikkan telapak tangan, Bunda.

Kecerdasan dan kesuksesan anak juga dipengaruhi oleh bagaimana Bunda dan Ayah mendidik dan menyiapkan mereka untuk menghadapi masa depan. Cara orang tua mendidik anak di waktu kecil bisa membuat mereka mengingatnya hingga dewasa.

Mengasuh anak dianggap sebagai salah satu pekerjaan tersulit di dunia dan tidak bisa dipelajari di pendidikan formal. Melansir dari laman UNICEF, dikabarkan ada banyak orang tua yang dapat menstimulasi otak anak dan menggunakan kejadian sehari-hari sebagai kesempatan belajar.


Keadaan setiap anak tentu berbeda-beda. Karena itu, cara mendidik anak pun tidak bisa disamaratakan, Bunda.

Skill yang perlu diasah jika ingin anak sukses

Margot Machol Bisnow, penulis buku Raising an Entrepreneur, telah mewawancarai 70 orang tua yang membesarkan anak-anaknya hingga sukses. Margot pun bertanya apa hal yang diajarkan oleh para orang tua sejak dini pada Si Kecil.

Dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan Margot, hampir seluruhnya mengatakan 'rasa ingin tahu', Bunda. Keingintahuan anak yang tinggi ini membuat anak belajar lebih banyak lagi.

Keingintahuan tinggi lebih baik daripada keingintahuan yang sederhana. Lantas bagaimana cara membuat anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi?

Cara membuat anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi

Margot telah merangkum beberapa tips untuk membuat anak memiliki rasa ingin tahu tinggi. Mengutip dari laman CNBC Internasional, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

1. Dorong anak memperbaiki sesuatu

Ketika berusia 24 tahun, Robert Stephens mendirikan Geek Squad, sebuah perusahaan perbaikan teknologi yang kemudian ia jual dengan harga $3 juta atau setara dengan Rp47 miliar. Robert mengaku rasa ingin tahunya akan pekerjaan ini dimulai ketika ia kecil.

Saat kecil, Robert membuka semua tutup kenop pintu di rumah orang tuanya. Bukannya marah, orang tua Robert hanya meminta Robert untuk segera mengembalikan kenop pintu ke keadaan semula.

Setelah hari itu, Robert pun dikenal sebagai pria yang bisa memperbaiki segala sesuatu di rumah. Robert bahkan dengan sengaja membongkar radio dan mempelajarinya.

"Saya membongkar radio untuk mempelajarinya. Orang-orang akan berkata, 'Robert bisa memperbaiki sapa saja'. Itu memberi saya rasa bangga dan harga diri," tuturnya.

Memperbaiki berbagai hal dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, Bunda. Kalau Bunda memiliki sesuatu di sekitar rumah yang perlu diperbaiki, gunakan kesempatan ini sebagai momen untuk mengajari anak.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat rahasia lainnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video gaya parenting orang tua Cinta Laura berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



RAHASIA ORANG TUA BESARKAN ANAK-ANAK SUKSES
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!