sign up SIGN UP search


parenting

Beda Hari Anak Sedunia dan Nasional, hingga Ucapan Menyentuh untuk Si Kecil

Hasna Fadhilah   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 04:00 WIB
Nama Bulan dalam Bahasa Inggris yang Bisa Diajarkan pada Si Kecil Peringatan Hari Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Iam Anupong

Tahukah Bunda jika 20 November diperingati sebagai Hari Anak-anak Sedunia? Sementara, tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Mengapa terdapat perbedaan waktu peringatan hari anak?

Hal ini terjadi dikarenakan latar belakang sejarah penetapan tanggal tersebut. Baik peringatan Hari Anak Sedunia ataupun Nasional memiliki sejarah terbentuknya sendiri. 

Meski begitu, perbedaan tanggal tersebut tentulah tidak menjadi masalah. Karena semestinya, peringatan hak anak menjadi momentum bagi seluruh orang tua baik di Indonesia maupun seluruh dunia untuk kembali mengingat hak-hak anak selama menjalani hidupnya.


Peringatan Hari Anak Sedunia: 20 November

Pada mulanya penetapan Hari Anak Sedunia bermula ketika Majelis Umum PBB pertama kali meresmikan Deklarasi Hak Anak pada 20 November 1959. Pada saat yang bersamaan, Majelis Umum PBB juga mengadopsi Konvensi Hak Anak. Sejak saat itulah, setiap tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia. 

Meskipun Hari Anak Sedunia sudah diresmikan sejak tahun 1954, namun baru mulai tahun 1990 diresmikan oleh Majelis Umum PBB. 

Hari Anak Sedunia diperingati sebagai bentuk kepedulian dan perhatian masyarakat terhadap kondisi anak di seluruh dunia. Hal ini bertujuan guna memberikan penghormatan, perlindungan, serta pemenuhan hak-hak anak. 

Maka dari itu, UNICEF yang merupakan organisasi dunia yang bekerja untuk pemenuhan hak-hak anak di seluruh dunia, menekankan fokus pada beberapa hal sebagai berikut:

  1. Setiap anak berhak tumbuh di lingkungan yang aman.
  2. Setiap anak berhak untuk hidup dan berkembang.
  3. Setiap anak berhak untuk belajar dan mendapatkan pendidikan yang layak.
  4. UNICEF berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan agar setiap anak mendapatkan kesempatan hidup yang sama. 
  5. UNICEF berupaya untuk memberdayakan anak perempuan dan perempuan, serta memastikan partisipasi penuh dari mereka dalam sistem politik, sosial, dan ekonomi.
  6. UNICEF berada di lapangan pada sebelum, saat, dan sesudah keadaan darurat untuk menjangkau anak-anak dan keluarga mereka dengan memberikan bantuan penyelamat hidup serta perlindungan jangka panjang. 

Sementara itu, dilansir dari situs resmi UNICEF, tema peringatan Hari Anak Sedunia pada 20 November 2022 mengusung tema “Inclusion for every child”. Tema ini mengajak agar seluruh lapisan masyarakat di berbagai belahan dunia turut serta memperingati Hari Anak. 

Topik utama yang disorot dalam peringatan Hari Anak Sedunia kali ini ialah mengenai perubahan iklim, pendidikan & kesehatan mental, serta upaya mengakhiri rasisme dan diskriminasi. 

Peringatan Hari Anak Nasional atau Hari Anak Indonesia: 23 Juli

Sebagaimana Hari Anak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 20 November, Indonesia pun memperingati hari anak nasional. Peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia jatuh pada tanggal 23 Juli. 

Hal ini bermula ketika dikeluarkannya Keputusan Presiden RI ke-44 tahun 1984. Aturan ini berisi penetapan Hari Anak Nasional yang diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. 

Presiden Soeharto yang kala itu menjabat sebagai Presiden RI berpendapat bahwa anak-anak adalah aset kemajuan bangsa yang perlu diperingati keberadaannya. Maka sejak itulah, setiap tanggal 23 Juli, Hari Anak Nasional diperingati dengan visi mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah dan peduli anak. 

Berdasarkan laman Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dikutip dari Pedoman Hari Anak Nasional tahun 2022, beberapa tujuan ditetapkan peringatan Hari Anak Nasional antara lain:

  1. Memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa. 
  2. Mendorong agar pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan, dan media massa untuk menjadi leading sector untuk melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak-anak.
  3. Mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.
  4. Meningkatkan peran keluarga untuk terlibat dalam pengasuhan secara aktif dan positif. 
  5. Menurunkan angka kekerasan terhadap anak-anak.
  6. Mencegah dan menurunkan angka anak-anak yang dieksploitasi secara ekonomi (pekerja anak).
  7. Memastikan anak tetap mendapatkan haknya untuk belajar, bermain, dan bergembira pasca pandemi Covid-19 sehingga tidak terjadi perkawinan di usia anak. 

20 ucapan singkat untuk anak tercinta di Hari Anak

Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, Bunda dapat melakukan berbagai aktivitas favorit bagi Si Kecil untuk membuat momen tak terlupakan bagi mereka. Selain itu, Bunda juga dapat memberikan ucapan singkat dalam rangka Hari Anak kepada Si Kecil. Meski tampaknya hanya sebuah ucapan biasa, namun akan sangat bermakna bagi mereka. 

Berikut kumpulan ucapan singkat yang dapat Bunda berikan kepada Si kecil: 

  1. Cintaku untukmu tanpa syarat. Kasih sayangku tanpa jeda. Doaku sepanjang masa. Momen spesial ini milikmu sepenuhnya, Selamat Hari Anak ya, anak manis.
  2. Anak-anak tersayang! Senyummu menyejukkan hati laksana tetes embun di pagi hari. Selamat Hari Anak! Jadilah anak tangguh di segala situasi.
  3. Masa termanis dalam hidup seseorang adalah masa kecilnya. Jadikan hari Anak sebagai momentum bahagia untuk semua anak di Indonesia. Habiskan hari ini dengan kesenangan tanpa batas bagi anak! Selamat Hari Sedunia!
  4. Setiap anak adalah keajaiban dengan cara dan prosesnya masing-masing. Tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk. Mereka berhak menjadi dirinya sendiri.
  5. Nikmatilah masa kecilmu, Nak. Kelak kamu akan merindukannya. Selamat Hari Anak!
  6. Tidak ada orang tua yang sempurna untuk anaknya. Begitu juga dengan anak yang sempurna untuk orang tuanya. Namun, memberikan yang terbaik untuk anak adalah hal paling diinginkan oleh setiap orang tua.
  7. Setiap anak adalah anugerah, biarkan ia tumbuh dalam limpahan cinta dan kasih sayang. Beri jalan untuk masa depannya yang cerah. Anak tangguh, Indonesia lestari. Selamat Hari Anak!
  8. Anak yang dicintai hari ini akan menyebarkan cintanya besok. Jaga cintanya, lindungi raganya, penuhi haknya, biarkan ia tumbuh dan berkembang menjadi anak sehat dan ceria. Selamat Hari Anak Sedunia!
  9. Setiap anak terlahir dengan keistimewaan dan keunikannya. Mari ciptakan masa kecil yang berkesan agar mereka tumbuh bahagia dengan keistimewaan dan keunikannya masing-masing. Selamat Hari Anak Sedunia!
  10. Cinta dan pengorbanan kami hari ini, untuk senyummu di masa depan. Selamat Hari Anak Sedunia, generasi penerus bangsa kebanggaan orang tua.
  11. Anak adalah karunia alam. Beri mereka kebahagiaan, beri mereka waktu untuk bermain, dan beri jalan untuk masa depan mereka. Selamat Hari Anak Sedunia!
  12. Perlakukan anak seperti kekasih di lima tahun pertama kehidupannya. Tegur Ia selama di lima tahun ke selanjutnya. Pada saat mereka berusia enam belas tahun, perlakukan mereka seperti teman. Anak-anak yang sudah dewasa adalah teman terbaik. Selama Hari Anak Sedunia!
  13. Setiap senyummu adalah kebahagiaan yang tak terbatas. Semua pesona dan kegembiraan hari ini adalah untukmu. Selamat Hari Anak Sedunia!
  14. Happy Children Day! Di hari yang spesial ini, kamu berdoa kepada Tuhan agar kamu tumbuh menjadi manusia yang lebih baik lagi. Jangan mudah menyerah karena doa kami akan selalu menyertai langkahmu ya, Nak.
  15. Tidak ada yang membuat kami bahagia selain melihatmu tumbuh menjadi manusia yang lebih baik dari kami. Doa terbaik untukmu di hari ini ya. Happy Children Day!
  16. Terima kasih sudah membuat hidup kami berarti dan luar biasa bahagia di tengah cobaan ini ya, Nak. Kamu luar biasa keren. Selamat Hari Anak dari Ayah dan Bunda yang selalu mencintaimu.
  17. Kami merasa bangga karena telah terpilih menjadi orang tuamu. Kamu adalah cahaya yang menerangi hidup kami dengan kebahagiaan dan kekuatan yang tak terbatas. Di Hari Anak Sedunia ini, Ayah dan Bunda berdoa kepada Tuhan supaya kamu selalu diberikan kesehatan. 
  18. Anakku tersayang, di Hari Anak ini, Bunda berdoa untuk kebahagiaan dan kesehatanmu. Semoga pandemi ini cepat berakhir dan kamu bisa segera berkumpul dengan teman-temanmu ya. Jangan sedih, karena kami akan selalu ada di sampingmu dan mendukungmu.
  19. Kamu adalah berkah tak ternilai dari Tuhan yang hadir di antara kami. Melihatmu tumbuh menjadi anak yang penyabar, penyayang, dan sehat adalah doa kami di Hari Anak ini. Semoga semua keinginanmu tercapai ya, Nak.
  20. Gagal sekali bukan berarti kamu tidak bisa sukses di masa depan. Kalau kamu pernah jatuh, ayo bangkit dan lawan rasa takut untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Ayo maju dan buat prestasi membanggakan untuk bangsa dan negara! Selamat Hari Anak, Putri Kecil yang membanggakan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga dampak kedekatan ayah dan anak-anaknya dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!