sign up SIGN UP search


parenting

Anak Sekolah Harus Senang Bukan Beban, Begini Tipsnya Bun

Muhayati Faridatun Jumat, 20 Nov 2020 12:47 WIB
Tired and bored student with stack of books caption
Jakarta -

Bunda dan Ayah, bagaimana selama mendampingi anak-anak sekolah daring atau online? Apakah Si Kecil selalu happy? Atau Bunda dan Ayah kewalahan mengatasi mood anak saat bosan belajar online?

Selama pandemi Corona, masalah ini sepertinya dialami hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah, terlebih pra sekolah dan sekolah dasar. Anak-anak di usia ini masih butuh pendampingan orang tua saat belajar daring.

Di sisi lain, orang tua juga punya tugas dan kewajiban lain yang harus dilakukan setiap hari. Misal saja mengurus pekerjaan rumah tangga, working from home (WFH), belum lagi yang punya anak lebih dari satu. Kayak Bubun dan suami nih.


"Hari ini, kakak belajar sama Ayah ya. Bunda ada meeting pagi," begitu pesan Bubun pada suami.

Apakah masalah sekolah online Si Kakak teratasi? Hmmm, tak semudah itu, Bunda. Ada Si Adik yang juga butuh perhatian Bubun dan suami. Kadang, kami kewalahan membagi waktu untuk mereka berdua. Tak jarang juga, Si Kakak yang baru kelas 2 SD ini berteriak karena kami tidak ada di sampingnya.

"Ayaaah, soal nomor dua gimanaaa? Aku nggak tau jawabannya," ujar Si Kakak dengan nada kesal.

Kalau sudah bete alias bad mood gini, biasanya Si Kakak jadi malas-malasan mengerjakan tugas. Alhasil, Bubun dan suami harus ekstra sabar menghadapinya. Kadang, Bubun enggak bisa menahan emosi sampai akhirnya keluar juga nada tinggi 8 oktaf. He he he...

Bunda dan Ayah mengalami juga enggak sih? Ya, sebagian besar orang tua masih menganggap, sekolah merupakan kewajiban anak. Kita lupa kalau pendidikan adalah hak anak juga. Untuk mendapat hak pendidikan yang layak, anak seharusnya menjalani dengan senang hati dan bukan terbebani.

Lantas, bagaimana agar anak sekolah tetap senang dan tak jadi beban? Klik NEXT yuk untuk lihat tips selengkapnya.

Bunda, simak juga tips Eriska Rein mengatasi anak saat bosan sekolah, dalam video Intimate Interview berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi