sign up SIGN UP search

parenting

Bukan Sekolah Mahal, Ini Rahasia Anak Sukses di Masa Depan Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 16:21 WIB
ilustrasi anak sekolah Ilustrasi Rahasia Anak Sukses/Foto: iStock
Jakarta -

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan terbaik. Ya, pendidikan yang berkualitas tentu bisa mempengaruhi kesuksesan secara akademis.

Sayangnya, pendidikan berkualitas bukan satu-satunya penentu seorang anak bisa sukses di masa depan, Bunda. Ada banyak hal lain yang berpengaruh pada masa depannya.

Menurut seorang psikolog anak dan ahli parenting, Michele Borba, ketekunan anak adalah kemampuan nomor satu yang bisa mendukung kesuksesannya kelak. Tak hanya itu, sebagai orang tua, Bunda dan Ayah memiliki tugas untuk mendorong anak mengembangkan sifat-sifat yang akan membantunya sukses.


Lebih lanjut, Michele mengungkapkan anak-anak yang memiliki ketekunan dan tidak mudah menyerah memiliki kepercayaan diri yang tinggi kalau usaha mereka akan membuahkan hasil yang baik.

Dengan begitu, anak tetap termotivasi untuk bekerja keras dan menyelesaikan apa yang mereka mulai walau memiliki kendala dalam prosesnya.

"Saya menemukan bahwa ketekunan adalah soft skill No. 1 yang membedakan anak-anak yang memiliki motivasi tinggi dengan mereka yang mudah menyerah," ujarnya.

Cara mengembangkan ketekunan anak

Michele menjelaskan bahwa ketekunan pada anak ternyata bisa dikembangkan, Bunda. Berikut ini beberapa cara yang bisa Bunda lakukan:

1. Latih anak tak mudah putus asa

Hal pertama yang harus Bunda lakukan untuk mengembangkan sifat tekun anak adalah dengan menjauhkan mereka dari faktor yang bisa membuatnya putus asa.

Menurut Michele, cara mudahnya adalah dengan tidak memberikan tekanan kepada anak untuk selalu berhasil dan selalu mengapresiasi usaha yang dilakukan anak, beri anak pemahaman bahwa kesuksesan sifatnya hanya sementara. Tak hanya itu, Bunda juga perlu pahami tingkat kemampuan anak.

2. Apresiasi usaha Si Kecil

Salah satu Psikolog dari Stanford, Carol Dweck menemukan bahwa kecerdasan anak cenderung tidak bertahan ketika kepintaran mereka dipuji, Bunda. Hal ini menyebabkan anak akan cepat merasa puas.

Anak akan merasa lebih termotivasi dan akan terus berusaha keras ketika dipuji atas usaha dan kerja kerasnya, bukan hasilnya. Memuji usaha anak akan mengembangkan ketekunannya.

Selain itu, pujian ini juga akan membuat anak terdorong untuk sukses. Mereka akan mengesampingkan imbalan atau hadiah.

Lantas adakah cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk mengembangkan ketekunan anak?

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(mua/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!