sign up SIGN UP search

parenting

Kisah Nabi Idris dari Lahir hingga Wafat dan Mukjizatnya untuk Diajarkan ke Anak

Kinan   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 22:05 WIB
Nabi Idris Kisah Nabi Idris dapat menjadi pelajaran berharga bagi Si Kecil/ Foto: Mindra Purnomo

Nabi Idris AS dikenal sebagai sosok manusia yang kali pertama bisa menulis dengan pena. Apa saja mukjizat Nabi Idris yang bisa diajarkan pada Si Kecil?

Dikutip dari buku 25 Kisah Nabi & Rasul, Nabi Idris diketahui sebagai orang yang cakap dan pandai. Beliau juga menguasai berbagai ilmu pengetahuan, lho.

Mulai dari ilmu matematika, ilmu perbintangan, sampai cara beternak. Selain itu, Nabi Idris juga pandai membuat kain, merancang, menggunting, dan menjahit pakaian.


Kedudukan Nabi Idris disebutkan sangat tinggi di sisi Allah SWT. Beliau senantiasa rajin berdoa dan selalu rendah hati, sabar dan menghormati sesama.

Bagaimana kisah Nabi Idris dari lahir hingga wafat, serta apa saja mukjizatnya? Yuk simak dalam ulasan artikel berikut ini!

Kisah kelahiran Nabi Idris

Nabi Idris merupakan keturunan Nabi Adam, tepatnya dari putranya Qabil dan Iqlima. Namun demikian, ada beberapa perbedaan pendapat mengenai riwayat Nabi Idris, apakah beliau hidup sebelum Nabi Nuh atau sesudahnya.

Beberapa ilmuwan seperti Ibnu Katsir, Ath-Thabari, Ibnu Ishaq, Ibnu Jarir, Asy-Syaukani, hingga As-Suyuthi menjelaskan bahwa Nabi Idris hidup sebelum Nabi Nuh. 

Teori ini muncul berdasarkan nasab bahwa nama asli Nabi Idris adalah Khonukh, yang merupakan nenek moyang Nabi Nuh. Hal itu juga diperkuat dengan QS. Maryam: 58.

“Mereka itulah orang-orang yang Allah telah beri nikmat, yaitu kalangan para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang yang Kami angkat bersama Nuh dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyangka dengan bersujud dan menangis.”

Nabi Idris merupakan nabi pertama yang diberikan wahyu oleh Allah melalui Malaikat Jibril. Nabi Idris berdakwah untuk menegakkan agama Islam dengan mengajarkan tauhid dan beribadah menyembah Allah.

Kisah wafatnya Nabi Idris

Nabi Idris hijrah dan tinggal di Mesir. Seumur hidupnya, beliau tak berhenti mengajak masyarakat agar tekun beribadah menyembah Allah SWT.

Di samping terkenal sebagai orang yang sabar, Nabi Idris juga dikenal pemberani. Karena hal ini, beliau mendapat julukan 'Asadul Usud' yang artinya 'singa dari segala singa'.

Dikutip dari buku Kisah Nyata 25 Nabi & Rasul, Nabi Idris wafat pada usia 308 tahun. Usia ini terbilang muda jika dibandingkan dengan usia nabi-nabi yang lain. Misalnya, jika dibandingkan dengan Nabi Nuh yang berusia sekitar 950-an tahun.

Keistimewaan dan mukjizat Nabi Idris

Nabi Idris diketahui menjadi sosok pionir dalam ilmu arsitektur. Beliau juga dikenal sangat cerdas. Berikut beberapa keistimewaan dan mukjizat lain Nabi Idris:

1. Mukjizat Nabi Idris AS menerima 30 shahifah

Allah SWT telah menurunkan 30 lembaran shahifah kepada Nabi Idris yang isinya petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya, yaitu para keturunan Qabil yang durhaka kala itu. 

Nabi Idris diangkat Allah SWT untuk memerangi semua kemungkaran dan kekafiran serta mengajak seluruh kaumnya untuk menyembah Allah SWT sebagai Tuhan yang Esa.

2. Nabi pertama yang bisa menulis dan membaca

Mukjizat Nabi Idris yang selanjutnya yakni sebagai orang pertama yang diberikan kelebihan, sehingga pandai menulis dan membaca. 

Bahkan pada masanya, Nabi Idris selalu mengajarkan tulis-menulis pada masyarakat. Hasil dari pengajaran itulah mulai lahir tulisan-tulisan yang di kemudian hari membantu para pengamat sejarah mencari tahu kehidupan di masa lampau. 

3. Orang pertama yang menguasai astrologi dan arsitektur

Selain pandai menulis dan membaca, Nabi Idris juga memiliki kelebihan tentang Ilmu Falaq (perbintangan) atau astrologi. Nabi Idris selalu mengkaji fenomena alam yang merupakan bentuk atau tanda kebesaran Allah SWT.

Tidak hanya itu, beliau juga dikenal sebagai orang pertama yang mengetahui tentang rencana pembangunan kota hingga peradaban ilmu politik.

4. Memiliki derajat tinggi

Berdasarkan QS. Maryam ayat 56-57, dijelaskan jika Nabi Idris merupakan seorang nabi yang bermartabat tinggi. Beliau memiliki derajat yang tinggi selain kemuliaannya sebagai seorang nabi yang soleh dan Allah SWT yang menempatkan beliau ada dalam golongan tersebut.

5. Melihat surga dan neraka

Nabi Idris pernah mengajukan satu permohonan kepada Malaikat Izroil, yakni ingin merasakan bagaimana sakaratul maut. Atas izin Allah SWT, diperkenankanlah permintaan Nabi Idris tersebut.

Setelah wafat, Malaikat Izroil memohon kepada Allah SWT untuk menghidupkan kembali Nabi Idris.

Atas peristiwa itu, Nabi Idris merasakan bagaimana sakitnya menghadapi sakaratul maut.

Setelah merasakan kematian, Nabi Idris AS meminta satu keinginan lagi kepada Malaikat Izroil yaitu untuk dibawa melihat surga dan neraka.

Atas izin Allah SWT, malaikat membawanya ke neraka Jahanam. Nabi Idris AS menyaksikan api yang berkobar-kobar. Kemudian malaikat membawanya kembali dan dibawa untuk melihat keindahan surga. Nabi Idris pun sudah menyaksikan kedamaian hidup di surga.

Dari kisah hidup Nabi Idris, Bunda dapat menanamkan semangat belajar pada Si Kecil. Ceritakan bahwa kepandaian dan kegigihan dalam menuntut ilmu dapat memberi kebaikan dalam hidup, selama dimanfaatkan dalam hal yang baik pula. Semoga bermanfaat ya, Bunda.

Beberapa bukti tulisan ini ditemukan dalam bentuk batu pahat, kulit, kayu, dinding gua, logam, dan gading.

Semoga kisah mengenai Nabi Idris dan mukzizatnya ini bisa menjadi teladan untuk Si Kecil ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga sifat Nabi Muhammad yang bagus diajarkan pada Si Kecil dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!