sign up SIGN UP search

parenting

Viral Bayi Meninggal Usai Minum Jamu, Kapan Anak Boleh Diberi Ramuan Herbal?

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 19 Jan 2023 14:50 WIB
Ilustrasi Bayi Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/CristiNistor
Jakarta -

Kasus bayi 54 hari yang meninggal dunia usai meminum jamu tengah ramai dibicarakan. Bayi tersebut viral karena diberikan ramuan daun kecipir dan kencur.

Unggahan yang dibagikan di media sosial itu menampilkan curhatan dari seorang Bunda yang baru saja kehilangan bayinya. Ia bercerita bahwa sebenarnya telah melarang keluarganya untuk memberikan ramuan jamu.

Akan tetapi, bayi tersebut tetap diberikan racikan jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Tak lama kemudian, anaknya mengalami sesak napas dan infeksi paru-paru.


"Aku mau bawa ke dokter, tapi semua keluarga enggak ngizinin, katanya lebih baik pakai obat tradisional," tulis wanita itu.

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab bayi tersebut meninggal dunia. Namun tentunya, setiap orang tua harus memberikan asupan yang telah disesuaikan dengan usia bayi.

Seperti Bunda ketahui, bayi berusia di bawah 6 bulan tidak boleh diberikan asupan selain air susu ibu (ASI) atau susu formula yang sesuai dengan saran dokter.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama telah menjadi hal yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Bunda.

Menilik lama Center for Disease and Control Prevention (CDC), setiap ibu didorong untuk memberikan ASI setidaknya sampai berusia 1 tahun. Namun semakin lama pemberian ASI, semakin besar pula proteksi yang didapatkan bayi dari berbagai ancaman penyakit.

Pemberian jamu pada bayi memang tidak disarankan. Sebab, organ pencernaan bayi masih dalam masa pertumbuhan. Lantas, kapan sebaiknya anak bisa diberikan jamu atau minuman herbal?

"Usia 1 tahun [boleh minum jamu]. Itu pun tidak boleh banyak-banyak minumnya," ujar dokter spesialis anak Angga Wirahmadi.

Angga kemudian menjelaskan, zat atau cairan selain ASI atau susu formula yang dikonsumsi bayi di bawah usia 6 bulan tidak dapat dicerna dengan baik.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Saksikan juga video tentang serba-serbi pijit bayi yang perlu diketahui:

[Gambas:Video Haibunda]



(anm/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!