sign up SIGN UP search

parenting

Bayi Usia 54 Hari Meninggal Usai Diberi Jamu, Ini Penjelasan Dokter Anak

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 18:35 WIB
A poor naked unwanted baby doll Ilustrasi Bayi Meninggal karena Jamu/Foto: Getty Images/iStockphoto/coolmilo
Jakarta -

Belum lama ini, media sosial dikejutkan oleh pengakuan seorang Bunda yang bayinya meninggal dunia usai meminum jamu, Bunda. Ia mengungkapkan bahwa bayinya yang berusia 54 hari itu dipaksa meminum jamu oleh keluarganya.

Bunda tersebut mengatakan telah melarang dan memberitahukan kepada keluarga agar membawa saja sang anak ke dokter. Sayangnya, keluarganya melarang dan memberikan obat tradisional berupa daun kecipir dan kencur yang diperas.

Setelah diberikan obat tradisional, sang bayi mengalami sesak napas, Bunda. Ia pun bersikeras membawa sang anak ke rumah sakit, tetapi nyawanya tidak tertolong.


Pendapat dokter anak

Dokter spesialis anak, dr. K.S. Denta, M.Sc, Sp.A, mengatakan tidak bisa berkomentar terlalu banyak tentang kasus ini karena ia bukan dokter yang menangani kasus tersebut secara langsung. Namun, ia menjelaskan bayi yang diberikan jamu, minuman, atau makanan lain memang bisa menyebabkan kematian.

"Saya tidak bisa berkomentar tentang kasusnya langsung karena bukan saya yang menangani pasiennya. Tapi memang hal tersebut, bayi meninggal setelah diberikan jamu, minuman, atau makanan lain selain ASI atau Sufor yang sesuai, bisa sekali terjadi," ungkap dr Denta pada HaiBunda, Rabu (18/1/2023).

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan yang penting bagi bayi usia 0 hingga 6 bulan. Karena itu, bayi sebaiknya tidak diberikan makanan atau minuman lainnya.

Dokter Denta menjelaskan ASI memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk Si Kecil. Misalnya saja seperti makronutrien, mikronutrien, dan komponen lainnya.

"ASI mengandung makronutrien, mikronutrien, serta komponen-komponen lain yang sesuai dengan kebutuhan bayi dan sesuai juga dengan kemampuan pencernaan bayi untuk memproses nutrisi tersebut," tutur Denta.

"Saluran cerna bayi masih belum siap untuk mencerna di luar ASI dan sistem imun bayi juga belum kuat untuk mencegah terjadinya infeksi," sambungnya.

Lantas, apa saja makanan yang boleh dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 6 bulan? Simak selengkapnya di laman berikutnya ya, Bunda.

Jangan lupa intip lagi video penyebab janin meninggal dalam kandungan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PENTINGNYA ASI BAGI BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!