sign up SIGN UP search

parenting

12 Tanda Anak Jenius Dapat Dikenali Sejak Dini, Cepat Belajar Salah satunya

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 23 Jan 2023 18:56 WIB
Ilustrasi IQ atau anak jenius Ilustrasi 12 Tanda Anak Jenius Dapat Dikenali Sejak Dini, Cepat Belajar Salah satunya. Foto: Getty Images/iStockphoto/selimaksan
Jakarta -

Setiap orang tua berharap Si Kecil menjadi anak cerdas. Kecerdasan pun bisa diasah sejak kecil. Namun, ada pula anak yang terlahir sebagai seorang yang jenius.

Tingkat intelektual tinggi seseorang atau jenius bisa diukur melalui serangkaian tes bersama psikolog, Bunda. Hal tersebut dilakukan agar mengetahui berapa besar skor IQ (intellgence quotient).

Seseorang dikatakan jenius apabila mempunyai skor IQ 140. Seorang peneliti pada 1940-an mengungkapkan orang yang jenius sejatinya harus memiliki skor IQ lebih dari 180 dan hanya ada 1 dari setiap 2 juta orang.


Meski begitu, hingga kini tidak ada satu pun definisi pasti untuk menyebut seseorang jenius. Namun, banyak pakar dan dokter spesialis anak telah mendapatkan hasil pengamatan yang dilakukannya.

Para ilmuwan juga menduga ada faktor genetik yang memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Melansir laman WebMD, pengaruh genetik anak memengaruhi motivasi, kepercayaan diri, dan sifat lainnya. Hal ini pun berpengaruh pada seberapa baik mereka tampil di sekolah atau saat tes yang mengukur kecerdasan.

Ciri-ciri seorang yang jenius

Terdapat beberapa ciri-ciri fisik tertentu yang dimiliki oleh otak orang-orang jenius:

1. Volume otak yang lebih besar di bagian tertentu

Seseorang yang jenius atau berbakat dapat terlihat dari hasil pemindaiannya yang memiliki lebih banyak bidang abu-abu di otak mereka. Ini merupakan bagian orang yang bekerja untuk menghitung dan memproses informasi.

2. Peningkatan konektivitas wilayah otak

Anak yang jenius biasanya mempunyai bidang putih yang lebih aktif di otak dan bertindak sebagai 'pusat komunikasi'. Otak orang jenous tampak mempunyai jaringan koneksi yang lebih baik dan karenanya menghasilkan pemikiran sangat cepat dan kompleks.

Lantas seperti apa tanda-tanda anak jenius yang dapat dikenali sejak dini?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(fir/fir)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!