parenting

Keluarga Menanti, Jangan Paksakan Jalan Mudik Saat Lelah Ya

Amelia Sewaka Selasa, 12 Jun 2018 - 02.16 WIB
Keluarga Menanti, Jangan Paksakan Jalan Mudik Saat Lelah Ya/ Foto: Thinkstock Keluarga Menanti, Jangan Paksakan Jalan Mudik Saat Lelah Ya/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Bunda dan Ayah saat ini sedang dalam perjalanan mudik? Masih segar atau sudah lelah? Jika lelah sudah dirasakan, sebaiknya tepikan dulu kendaraan di rest area yang dilewati ya. Soalnya kalau memaksakan diri tetap jalan saat kelelahan melanda bisa bahaya lho.

Ya, mudik sepertinya sudah jadi tradisi. Meski sudah berjalan tiap tahun bukan
berarti kita jadi menyepelekan keselamatan saat berkendara lho, Bun. Bagaimana pun keselamatan dan ketelitian saat persiapan mudik itu penting.

Pesan agar tidak mengabaikan kelelahan dalam perjalanan mudik juga disampaikan salah satu aktor, Marcelino Lefrandt. "Stay safe guys. Khususnya yang mulai mudik duluan hari ini atau besok. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, kalau lelah cepat istirahat sejenak di rest area yang ada dan jangan dipaksakan. Keluarga selalu menanti anda," tulis aktor pecinta komik ini dalam Instagramnya.


[Gambas:Instagram]



Nah, apa yang dikatakan Marcelino benar tuh, Bun. Dan yang dicontohkan oleh Marcel patut diikuti, yakni memakai seat belt untuk dirinya dan anaknya yang agak besar dan duduk di depan. Sedangkan si bungsu yang duduk di belakang menggunakan car seat dengan tipe booster seat. Car seat dengan tipe tersebut berguna untuk meninggikan posisi duduk anak, sehingga anak bisa pakai seat belt dan posisi kepala anak pas dengan kursi mobil.

Ketika anak sudah memasuki usia 4 hingga 12 tahun dan mencapai berat kurang lebih 18 kilogram, ada baiknya Bunda memakaikan jenis car seat tipe booster. Ya, pada usia ini anak bisa duduk di kursi penumpang biasa dengan bantuan booster seats.

Bicara soal safety driving, ini udah hal mutlak yang harus diperhatikan sebelum perjalanan mudik. Saat membawa bayi atau anak berkendara, meski menggunakan mobil sekalipun, harus diperhatikan sekali keamanan dan kenyamanannya. Karena kadang kefatalan bisa terjadi dari hal-hal yang kita anggap sepele.

Karena itu, Komunitas Safe Kids Indonesia pun memberi beberapa tips agar perjalanan bersama bayi atau anak bisa aman dan nyaman. Misalnya saja nih pastikan anak dalam keadaan kenyang, pastikan juga mood kita sebagai orang tua senang sehingga bisa tenang dan fokus dalam berkendara.



Kemenkes juga pernah menyampaikan perlunya istirahat 15 menit setelah mengemudi selama 4 jam. Ini penting untuk mengembalikan kesegaran badan dan fokus.

Kalau sudah lelah dan mengantuk, kita nggak perlu kopi atau minuman penambah energi. Saat seperti ini yang kita butuhkan adalah: tidur sesaat. Ingat ya, Bun, mengantuk bikin kita nggak fokus dan kehilangan kewaspadaan.

Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Ingatlah selalu ada keluarga yang sedang menanti kedatangan kita. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi