sign up SIGN UP search


Minggu 14

Minggu 15

Minggu 16
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Alpukat

Berat 114 gr
Tinggi 11 cm

Pada usia kehamilan 15 minggu, perkembangan janin sudah sangat pesat. Ukuran janin akan lebih besar setiap minggunya.

Janin memang masih berukuran kecil di usia 15 minggu. Tapi, kerangka mereka mulai berkembang. Rambut, kulit, bahkan alis juga sudah mulai tumbuh.

Janin sudah mulai menggeliat dan menggerakkan bagian tubuh. Jadi, Bunda akan segera merasakan pergerakan kecilnya.

Kulitnya yang setipis perkamen dilapisi dengan lanugo (rambut yang sangat halus biasanya menghilang sebelum lahir). Alis mata bayi sudah mulai tumbuh dan rambut di ujung kepalanya mulai muncul.



Bunda Jangan Lupa
  • Mengonsumsi Makanan Sehat Mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi. Salah satunya yang banyak mengandung zat besi untuk mendukung suplai darah yang sehat.
  • Mencukupi Kebutuhan Kalori Menambah asupan kalori sebanyak 300 kkal per hari. Menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2013, di trimester kedua kehamilan butuh 300 kkal/hari. Bisa didapatkan dari bubur kacang hijau atau telur rebus.
  • Menambah Berat Badan Cara menghitung berat badan ideal pada ibu hamil, yaitu jika BMI ibu sebelum hamil < 19,8 kg maka penambahan berat badan yang baik selama hamil adalah 12,5-18 kg.

Bunda Baiknya
  • Melakukan Tes Tambahan Lakukan tes skrining genetik untuk melihat apakah ada risiko bayi mengalami kelainan kromosom.
  • Tidur dengan Posisi Miring Tidur miring kiri membantu untuk memastikan aliran darah dan nutrisi maksimum ke plasenta, serta meningkatkan fungsi ginjal. Hindari tidur dengan posisi terlentang dan tengkurap.

Apa Bunda Merasakan
  • Nafsu Makan Bertambah Selera makan dan energi Bunda mulai kembali ketika lima belas minggu kehamilan.
  • Kembung Hormon dalam tubuh akan naik turun atau berfluktuasi. Hal ini dapat menyebabkan perut kembung sama seperti periode menstruasi.
  • Sakit Kepala Sakit kepala juga mungkin terjadi karena perubahan hormon ketika hamil. Lakukan latihan relaksasi untuk meringankan rasa sakit.

Pada perkembangan janin minggu ke-15, rambut, kulit, hingga alis sudah mulai tumbuh. Bayi juga sudah bis amenggeliat dan menggerakan tubuh. Beratnya mencapai 114 gram atau seukuran jeruk atau apel.