sign up SIGN UP search


Minggu 19

Minggu 20

Minggu 21
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Blewah

Berat 280 gr
Tinggi 16,5 cm

Pada usia kehamilan 20 minggu, rambut halus di kepala janin mulai tumbuh. Alis janin juga sudah terbentuk.

Otak janin berkembang dengan cepat di minggu ke-20 kehamilan. Sumsum tulang juga mulai memproduksi sel darah merah. Sedangkan ginjalnya terus menghasilkan air seni.

Meski janin semakin besar di minggu ini, si kecil masih bebas bergerak dan berputar. Rambutmua di kulit kepalanya juga sudah mulai muncul.

Jenis kelamin bayi mulai bisa dikenali ketika memasuki trimester kedua. Jadi, ini waktu yang tepat kalau Bunda ingin tahu jenis kelamin bayi melalui USG.



Bunda Jangan Lupa
  • Lakukan USG Pada minggu ke-20, sudah waktunya mengunjungi dokter kembali. Tanyakan perkembangan janin setelah melakukan USG.
  • Menjaga Postur Tubuh Perhatian posisi tubuh untuk mencegah nyeri punggung. Hindari memutar badan, atau membungkuk saat duduk maupun berdiri. Jangan duduk dengan satu posisi dalam waktu lama. Cobalah rentangkan punggung sesekali untuk menghilangkan nyeri.

Bunda Baiknya
  • Konsultasikan Mengenai Tes Tambahan Menanyakan kepada dokter tentang pengujian genetik untuk melihat risiko kelainan pada janin.
  • Pakai Baju Ibu Hamil Kenakan pakaian khusus ibu hamil yang didesain lebih longgar di bagian perut dan payudara, sehingga membuat tubuh jadi lebih nyaman. Termasuk mulai memakai bra untuk ibu hamil.

Apa Bunda Merasakan
  • Pegal Pegal pada ibu hamil biasanya karena ligamen atau jaringan penyokong dalam tubuh meregang, yang secara alami mengakomodasi pertumbuhan janin di dalam rahim.
  • Muncul Stretch Mark Kulit yang meregang akibat kehamilan dapat menyebabkan garis-garis stretch mark. Cobalah gunakan krim atau produk yang aman untuk mencegah stretch mark.

Pada perkembangan janin minggu ke-20, rambut halus di kepala janin mulai tumbuh. Sedangkan otaknya juga berkembang dengan cepat. Beratnya mencapai 280 gram atau setara dengan buah pisang besar.