sign up SIGN UP search


Minggu 22

Minggu 23

Minggu 24
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Terong

Berat 540 gr
Tinggi 28 cm

Pada minggu ke-23 kehamilan, kulit janin akan mulai kendur. Sekarang, kulitnya sudah mulai berwarna merah karena ada pembuluh darah dan arteri yang berkembang.

Bibir janin menjadi lebih jelas dan matanya sudah terbentuk. Tanda-tanda awal tumbuhnya gigi mulai muncul di antara barisan gusinya.

Janin mulai lebih banyak menggerakkan tangan dan kakinya untuk memukul serta menendang. Tangan dan kakinya bahkan sering muncul di perut Bunda ketika ia menendang.

Beberapa minggu lalu Bunda mendengar detak jantung janin melalui doppler. Nah, di minggu ke-23 kehamilan, Bunda bisa mendengar detak jantung janin menggunakan stetoskop lho.



Bunda Jangan Lupa
  • Mencukupi Kebutuhan Air Mencukupi kebutuhan minum air 10-12 gelas agar terhindar dari dehidrasi. Bisa didapat dari buah dan makanan lain yang mengandung air.
  • Tidur Malam Cukup Kurang tidur berpengaruh pada ingatan ibu hamil yang jadi pelupa. Selain itu, begadang juga bisa membuat pertahanan tubuh dan otak melemah.
  • Cukupi Kebutuhan Asupan Kalsium Bunda bisa memenuhi kebutuhan kalsium dari vitamin prenatal, susu, yoghurt, keju, atau sayuran yang berwarna hijau gelap.

Bunda Baiknya
  • Olahraga Pilates Bermanfaat untuk memperkuat dan meregangkan otot inti dalam menahan beban bayi, melatih tubuh untuk mempersiapkan persalinan dan pemulihan setelahnya, mengurangi rasa sakit selama kehamilan, melancarkan pernapasan, menjaga berat badan ideal.
  • Berjemur di Tempat Terbuka Ini akan membantu ibu hamil mendapatkan tambahan vitamin D dari sinar matahari pagi, untuk mencukupi kebutuhan kalsium ibu hamil.
  • Konsultasi dengan Dokter Kalau Ada Keluhan Pada Mata Melonjaknya hormon kehamilan menyebabkan retensi cairan mengubah kornea menjadi lebih tebal, bersamaan dengan peningkatan tekanan cairan di dalam bola mata yang membuat pandangan jadi kabur.

Apa Bunda Merasakan
  • Pelupa Ibu hamil akan menjadi lebih mudah lupa akibat pregnancy brain.
  • Braxton Hicks Pada kehamilan 23 minggu, ibu hamil akan mulai merasakan Braxton Hicks atau kontraksi palsu.
  • Suhu Tubuh Naik Bunda lebih mudah gerah dan merasa udara di sekitar lebih panas dari biasanya.

Pada perkembangan janin minggu ke-23, mulai lebih banyak menggerakkan tangan dan kakinya. Tangan dan kakinya bahkan sering muncul di perut Bunda ketika ia menendang. Beratnya mencapai 425 gram atau seukuran jeruk bali.