sign up SIGN UP search


Minggu 23

Minggu 24

Minggu 25
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Buah Pepaya

Berat 665 gr
Tinggi 30,4 cm

Pada minggu ke-24 kehamilan, janin beratnya semakin bertambah. Sebagian besar berasal dari lemak dan pertumbuhan otot, organ, serta tulang.

Pendengarannya juga berkembang dengan cepat. Jadi, kalau janin sering diperdengarkan musik tertentu, ia bisa mengenalinya.

Alis dan bulu mata janin memang sudah tumbuh. Tapi, semuanya masih berwarna putih karena ia belum mengembangkan pigmennya.

Pembuluh darah dalam paru-parunya mulai berkembang untuk menyiapkan pernapasan dan dia menelan cairan amnion secara teratur.



Bunda Jangan Lupa
  • Saatnya Kontrol ke Dokter Kandungan Memasuki minggu ke-24 atau hamil 6 bulan, ayo kontrol ke dokter, Bunda. Konsultasi dengan dokter mengenai gejala kehamilan yang dialami.
  • Senam Kegel Senam kegel membantu menguatkan otot yang mendukung kandung kemih, rahim, dan usus. Memperkuat otot-otot ini selama kehamilan dapat memperlancar proses persalinan.
  • Periksa Kadar Gula Periksa kadar gula darah untuk menghindari diabetes gestasional.

Bunda Baiknya
  • Hindari Beberapa Makanan Konsumsi banyak protein dan hindari makanan yang pedas, gorengan, dan berlemak.
  • Makan dalam Porsi Kecil Menginjak kehamilan 24 minggu, Bunda akan mulai merasa lebih sering lapar. Cobalah makan 6 kali sehari tapi dalam porsi yang sedikit.

Apa Bunda Merasakan
  • Masalah Pencernaan Bunda mungkin akan mengalami sembelit, karena hormon kehamilan yang membuat otot usus menjadi relaks. Sehingga, makanan dicerna lebih lama agar tubuh Bunda dan janin mendapat lebih banyak nutrisi.
  • Heartburn Heartburn juga disebabkan oleh sistem pencernaan yang melambat. Ditambah janin yang semakin besar menekan perut. Akibatnya, makanan ada di perut lebih lama dan mudah naik ke esofagus.

Pada perkembangan janin minggu ke-24, pendengarannya berkembang dengan cepat. Jika sering diperdengarkan musik tertentu, janin pun bisa mengenalinya. Ukuran janin sudah sebesar buah blewah dengan beratnya 665 gram.