sign up SIGN UP search


Minggu 28

Minggu 29

Minggu 30
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Labu Orange

Berat 1152 gr
Tinggi 38,6 cm

Memasuki usia kehamilan 29 minggu, normalnya berat janin akan naik dua 2-3 kali lipat selama 11 minggu ke depan. Hal itu terjadi karena banyak lemak yang tersimpan di permukaan kulit. Pada minggu ini, kulit janin yang keriput pun akan semakin mulus.

Pada usia 29 minggu kehamilan, gerak janin pun akan semakin terbatas. Melansir Whattoexpect, ruang di rahim menjadi semakin sempit. Hal tersebut membuat Bunda bisa semakin merasakan sikutan dari lutut dan sikut janin nih.

Pada minggu ini, janin akan lebih kuat dan bersemangat menanggapi semua rangsangan seperti gerakan, suara, cahaya, dan permen yang Bunda makan setengah jam lalu. Bunda sudah bisa mulai menghitung tendangan janin 2 kali sehari, untuk memastikan bayi baik-baik saja.



Bunda Jangan Lupa
  • Mencatat Keluhan Kehamilan untuk Ditanyakan ke Dokter Konsultasi ke dokter atas semua keluhan, termasuk di antaranya perut gatal dan perih akibat peregangan kulit
  • Cukupi Kebutuhan Air Minum Menjaga asupan minum 10-12 gelas sehari, untuk mengatasi berbagai keluhan kehamilan.

Bunda Baiknya
  • Olahraga Ringan Yoga prenatal atau jalan santai untuk mengatasi susah tidur, hingga persiapan melahirkan.
  • Menghitung Tendangan Janin Menghitung banyak tendangan janin dalam sehari, untuk memastikan gerakan dan keaktifannya. Ingat, janin harus menendang 10 kali dalam 1 jam.

Apa Bunda Merasakan
  • Sakit Kepala Bunda akan merasakan sakit kepala baik yang bersifat ringan hingga mengganggu. Sakit kepala akan terasa makin parah jika kurang tidur, dan juga saat gula darah rendah.
  • Perut Gatal Kulit meregang lebih tipis sehingga membuatnya lebih sensitif. Atasi dengan lotion dan banyak minum air. Beritahu dokter kalau rasa gatal dan rumah makin memburuk.
  • Nyeri Punggung, Kaki, dan Pinggul Tubuh membawa beban ekstra sepanjang hari pada kehamilan 29 minggu. Rasa nyeri akan bergantung pada posisi bayi yang memberi tekanan pada apa saja.

Pada perkembangan janin minggu ke-29, kulit yang keriput akan semakin mulus dan gerakannya pun lebih terbatas karena ukurannya yang bertambah. Minggu ini janin berukuran seperti butternut besar dengan berat mencapai 1-1,3 kg.