sign up SIGN UP search


Minggu 29

Minggu 30

Minggu 31
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Labu Orange

Berat 1300 gr
Tinggi 38,4 - 39,9 cm

Pada usia kehamilan minggu ke-30, perut Bunda sudah semakin terlihat menonjol. Rambut bulu halus yang disebut lanugo akan mulai rontok. Sebelumnya lanugo menutupi tubuh bayi selama berminggu-minggu. Namun tidak rontok sepenuhnya, karena rambut ini masih tetap ada di beberapa bagian tubuh bayi saat lahir.

Paling sering, rambut halus ini tumbuh di wajah bayi di bagian cambang, punggung, dan bagian atas pantatnya. Sedangkan vernix, lapisan putih, berminyak, dan lembab akan menyelimuti kulit janin mulai dari ujung kepala sampai kaki depan dan belakang.

Saat Bunda mengarahkan cahaya lambu ke perut, kemungkinan bayi akan merespons dengan memutar kepalanya. Namun, penglihatannya masih dalam proses perkembangan. Bunda bisa mencobanya dalam beberapa minggu kemudian jika janin belum merespons.

Pada bayi laki-laki, buah zakarnya bergerak dari dekat ginjal menuju selangkangan. Sedangkan pada bayi perempuan klitorisnya menonjol karena labia masih kecil, belum bisa menutupinya.



Bunda Jangan Lupa
  • Jaga Pola Makan Hindari makanan pedas, berminyak, dan asam untuk menghindari maag kambuh. Terutama sebelum tidur, agar tidak menyebabkan terjaga semalaman.
  • Penuhi Asupan Air Minum cukup air agar tidak mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan bisa memicu braxton hicks atau kontraksi palsu.
  • Melanjutkan Minum Vitamin Prenatal Lanjutkan mengonsumsi suplemen kehamilan yang telah diresepkan dokter, untuk membantu perkembangan otak janin.

Bunda Baiknya
  • Melakukan Tes Tambahan Melakukan tes non-stres (NST), untuk mengukur kontraksi dan detak jantung bayi.
  • Mulai Melakukan Persiapan Melahirkan Menyiapkan support system untuk mengasuh bayi setelah melahirkan. Mempersiapkan segala kebutuhan dan persyaratan rumah sakit.

Apa Bunda Merasakan
  • Kelelahan Meski sangat lelah, Bunda biasanya susah tidur karena rasa tidak nyaman yang dirasakan beberapa bagian tubuh.
  • Carpal Tunnel Syncrom Sindrom carpal tunnel menimbulkan rasa sakit di bagian pergelangan tangan, yang dikaitkan dengan aktivitas berulang. Seperti mengetik atau menyupir setiap harinya.

Pada perkembangan janin minggu ke-30, rambut bulu halus yang disebut lanugo akan mulai rontok. Saat Bunda mengarahkan cahaya lampu ke perut, kemungkinan bayi akan merespons dengan memutar kepalanya. Ukurannya berkisar 1,3 kg, Bun.