sign up SIGN UP search


Minggu 30

Minggu 31

Minggu 32
kehamilan

Bayi Bunda Seukuran Labu Orange

Berat 1490 - 1500 gr
Tinggi 41 cm

Pada minggu ke-31 kehamilan, janin melalui perkembangan otak dan saraf besar. Mata janin juga berkembang dan iris bereaksi terhadap cahaya.

Pada USG dengan layanan 3D dan 4D, Bunda bisa melihat seluruh permukaan wajah bayi. Bunda juga bisa melihat bayi bergerak, berkedip, mengisap ibu jari, bahkan saat mereka tersenyum atau cemberut.

Paru-paru dan saluran pencernaan bayi sudah hampir matang. Namun sayangnya indra penciuman bayi belum bekerja, sebab ia masih dalam rendaman cairan ketuban. Janin perlu menghirup udara untuk bisa mendeteksi aroma apapun.

Pada minggu ini janin sudah bisa cegukan, menelan, bernapas, mengayuh dengan tangan dan kaki mereka di sepanjang dinding rahim. Bahkan, janin juga suka mengisap jempolnya.



Bunda Jangan Lupa
  • Olahraga Ringan Olahrga ringan untuk membantu melatih pernapasan yang akan menguntungkan Bunda saat proses persalinan.
  • Cukupi Asupan Air Minum Minum air putih 8-12 gelas sehari untuk menghindari kontraksi palsu.

Bunda Baiknya
  • Yoga Prenatal Lakukan Yoga Prenatal untuk Meredakan Sakit Punggung.
  • Mempelajari Tanda-tanda Persalinan Mempelajari tanda-tanda persalinan prematur, sebab di usia kehamilan 31 minggu Bunda mungkin akan mengalami braxton hicks.
  • Hindari Stres Menghindari stres agar tidak memperburuk pregnancy brain atau mudah lupa.

Apa Bunda Merasakan
  • Sesak Napas Saat kehamilan tumbuh lebih besar akan membuat napas Bunda menjadi lebih berat dan pendek.
  • Kuku Kering dan Rapuh Bunda mengalami pertumbuhan kuku ekstra, tetap lebih kering dan mudah patah. Itu sebabnya dibutuhkan minyak pelembab untuk kutikula kuku.
  • Pelupa Pelupa merupakan bagian dari pregnancy brain, suatu kondisi yang merupakan penyusutan volume sel otak di trimester ketiga kehamilan.

Pada perkembangan janin minggu ke-31, otak dan saraf besar terus mengalami kemajuan. Mata janin juga berkembang dan iris bereaksi pada cahaya. Janin juga bisa mengisap jari lho. Beratnya berkisar 1500 gram.